Career

Biarkan Orang Lain Jadi “Guru” Anda

  by: Silvya Winny       10/8/2015
  • Terkadang orang suka mengeluh mereka sulit mendapatkan seorang mentor dalam hal karier. But you know what, ladies, siapapun bisa jadi “guru” Anda lho, walaupun definisi yang Cosmo maksud tergolong luas. Find out what we mean..

    Learn from the Grumps
    Yup, walaupun bos Anda di kantor mungkin orangnya judes atau arogan tapi Anda masih bisa “belajar” dari dia. Bingung? Well, yang Anda perlu lakukan hanyalah mengubah perspektif, dear. Amatilah situasi tersebut dari sisi positif dengan mengajukan pertanyaan ini ke diri Anda, “What could this person teach me?” Mungkin ia eksis untuk mengajarkan Anda untuk bisa lebih mengasah kesabaran, lebih mandiri, dan secara keseluruhan mengajarkan Anda untuk jadi orang yang lebih baik, alias tidak judes atau tidak arogan, apalagi kalau nantinya Anda jadi pimpinan. Interesting perspective, right?

    Learn to be Compassionate
    “Tentukanlah apa yang hendak diajarkan oleh orang-orang di sekeliling Anda,” ujar Richard Carlson, PH.D., pengarang buku Don’t Sweat The Small Stuff. “Dengan mencobanya tingkat frustrasi Anda akan berkurang ketika berhadapan dengan tindakan dan ketidaksempurnaan orang lain.” Dan bonusnya adalah Anda juga belajar jadi orang yang lebih simpatik. Ada orang menyelak antrean? Daripada tak henti bersungut-sungut, coba berpikir seperti ini, “Well, mungkin sejak kecil dia tidak dididik untuk mengantre—setidaknya sekarang dia tahu!” Everyone needs guidance, now it’s time to look for it in a smart way! ( Sahiri Loing / SW / Image: shironosov / iStock / Thinkstock )