Better You

Kurangi Nyeri Otot Usai Olahraga dengan Makanan Ini

  by: Silvya Winny       8/8/2015
  • Olahraga tentu sangat baik untuk tubuh. Namun nyeri otot yang timbul usai olahraga bisa mengganggu aktivitas Anda bukan? Nah, enam makanan berikut ini bisa membantu Anda mengurangi nyeri otot setelah olahraga.

    Sereal Gandum

    Rasa pegal usai olahraga timbul akibat glikogen yang berkurang. Mengonsumsi sereal gandum setelah olahraga dapat mengembalikan pasokan glikogen dalam tubuh. Kandungan karbohidrat dalam sereal gandum juga penting untuk mengembalikan energi untuk menghindari kantuk.



    Buah Ceri
    Menurut penelitian dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, mengonsumsi buah ceri satu minggu dan dua hari setelah berolahraga berat dapat mengurangi pegal lho. Ini karena Buah ceri banyak mengandung zat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot setelah berolahraga.

    Ikan

    Ikan mengandung protein dan asam lemak esensial yang mampu mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri otot. Untuk alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan.

    Kacang



    Semua jenis kacang mengandung vitamin E yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Mengonsumsi kacang bisa mengembalikan tenaga otot, melawan nyeri, dan mengobati cedera jaringan otot.

    Buah Beri

    Selain bisa mengurangi nyeri otot, mengonsumsi raspberry, blackberry, dan blueberry yang kaya antioksidan polifenol juga bisa melindungi cedera sel lainnya yang bisa menyebabkan kanker. Tak harus dimakan utuh, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

    Telur

    Makanan yang kaya protein dan vitamin D ini mampu melawan nyeri otot dan membantu regenerasi otot. Namun Anda juga harus membatasi konsumsi kuning telur untuk menjaga kadar kolesterol. Oleh sebab itu, iringi juga dengan mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya vitamin D. (Soca Massardi/VP/Image: Thomas Lammeyer/Hemera/101391077)