Career

Tip Bertahan di Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

  by: Silvya Winny       11/8/2015
  • Saking stresnya dengan pekerjaan, Anda mungkin sering merasa ingin marah dan lari dari kenyataan. Namun tak ada yang bisa Anda lakukan karena Anda butuh pemasukan dari pekerjaan yang sejujurnya membuat Anda tersiksa. Sebelum Anda mengambil langkah baru atau menemukan pekerjaan lain, simak tip dari Cosmo berikut untuk menghadapi pekerjaan yang menyebalkan.

    Cari Tahu Apa yang Salah
    Evaluasi hal apa yang kira-kira salah dari pekerjaan Anda. Terus menerus mengeluh tanpa tahu alasan yang jelas hanya akan menjadikan Anda tidak produktif. Setiap masalah memiliki solusi yang berbeda. Untuk menemukan jawabannya, cari tahu sumber masalah Anda sejelas-jelasnya.

    Jangan Tunda Pekerjaan
    Sering menunda menyelesaikan pekerjaan yang tak Anda sukai? Itu kesalahan besar, ladies. Tak peduli seberapa bencinya Anda dengan pekerjaan, tetap harus diselesaikan tepat waktu kan? Sesampainya di kantor segera kerjakan pekerjaan tersebut agar hasilnya maksimal dan Anda tak tergesa-gesa menyelesaikannya.



    Beri Space untuk Diri Sendiri
    Coba reset mood Anda dengan meditasi atau tidur siang. Kalau tidur siang tidak memungkinkan, coba ambil secarik kertas lalu tulis keluhan atau kejadian apa pun yang Anda alami hari itu. Menurut studi Harvard Business School tahun 2014, menyisihkan waktu 15 menit untuk menulis dapat meningkatkan kinerja memengaruhi produktivitas Anda lho.



    Buat Rencana
    Jika berniat meninggalkan pekerjaan ini, pastikan Anda menyiapkan dana darurat jika ingin membuka usaha sendiri atau freelance. Jalin juga relasi dengan orang-orang dari industri atau perusahaan baru yang Anda incar. Jangan pernah memperburuk performa kerja hingga Anda dipecat dari tempat kerja. Hal itu justru akan memperburuk reputasi karena Anda dikeluarkan secara tidak hormat.

    Perhatikan Pengeluaran Anda
    Jangan biasakan menggunakan gaji untuk membeli barang-barang mahal untuk kebahagiaan sesaat. Hilangkan pola pikir yang menganggap gaji adalah imbalan dari pekerjaan yang butuh pengorbanan. Pola pikir seperti itu hanya akan membuat Anda bergantung dan tak dapat meninggalkan pekerjaan tersebut. (Soca Massardi/VP/Image: doc. LittleBee80/iStock/Thinkstock)