Lifestyle

Pameran Foto “Alkisah” Mengangkat Budaya Indonesia

  by: Silvya Winny       12/8/2015
  • Rio Wibowo, fotografer yang lebih dikenal dengan Rio Motret, bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, Galeri Indonesia Kaya serta Grand Indonesia  mempersembahkan sebuah kolaborasi di dunia seni dan fashion yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia dalam sebuah pameran foto bertajuk Alkisah. 17 cerita rakyat Indonesia diangkat menjadi sebuah pameran foto yang melibatkan seratus pekerja seni, mulai dari kalangan selebriti, desainer, fashion stylist, dan penata rias. Pameran foto ini akan berlangsung di Atrium Lantai 1 East Mall Grand Indonesia mulai dari 10 Agustus hingga 23 Agustus 2015 mendatang.

    Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli 2015 ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dan Sangkuriang dari Jawa Barat, Jaka Tarub & 7 Bidadari serta Timun Mas dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang, Nyi Roro Kidul serta Bawang Merah Bawang Putih dari Yogyakarta, Keong Mas, Ande Ande Lumut serta Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dan Rara Mendut dari Jawa Timur, serta Drupadi dari Legenda Mahabharata.

    Ide Alkisah sendiri muncul ketika Rio sadar bahwa banyak sekali dongeng luar negeri yang mampu bertahan dari generasi ke generasi. Padahal, Indonesia pun memiliki beragam kisah rakyat yang tak kalah menarik dari berbagai daerah yang ada. Pesan moral mendalam yang bisa dipetik dari sekian banyak cerita rakyat ini pun kemudian dipilah menjadi 17 cerita menarik yang mudah diingat oleh khalayak.



    “Kami antusias dengan hadirnya pameran foto Alkisah ini karena menjadi medium memperkenalkan cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi, khususnya terhadap generasi muda. Kami berharap pameran foto Alkisah ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih mengenal cerita rakyat Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.



    Rio menambahkan, “Merupakan kebanggaan bagi saya dapat mengajak kontributor lainnya dalam rangka mengenalkan cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia dengan media foto yang dipadukan dengan elemen adibusana yang kuat. Pameran ini sengaja saya adakan bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, dengan harapan masyarakat dapat terpicu untuk mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya,” ungkap Rio Motret, konseptor pameran foto Alkisah. Yuk, mengenal budaya Indonesia dengan cara yang lebih mudah dan modern lewat pameran foto Alkisah. (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Image Dynamics)