Better You

Penyakit yang Lebih Rentan pada Wanita Dibandingkan Pria

  by: Silvya Winny       14/8/2015
  • Anda mungkin sudah mengetahui kalau wanita lebih rentan terjangkit penyakit kanker payudara dan kanker serviks. Namun, wanita ternyata juga lebih berisiko mengidap beberapa penyakit di bawah ini.

    Penyakit Jantung
    Yes dear, Anda ternyata lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan si dia. American Heart Society menemukan bahwa satu dari empat perempuan meninggal karena penyakit ini. Hal ini yang menyebabkan penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian pada wanita bahkan melebihi penyakit kanker.

    Stroke
    Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini. Stroke adalah penyakit gangguan fungsi otak karena terjadi gangguan pembuluh darah di otak. Penyakit yang biasanya menyerang saraf ini menjadi penyebab kematian ketiga pada wanita. Berdasarkan National Stroke Association, setiap tahunnya, 55 ribu wanita lebih mudah terjangkit stroke dibanding pria.

    Alzheimer
    Alzheimer adalah penyakit gangguan neurologis di mana sel-sel otak mati sehingga seseorang kehilangan memori dan mengalami penuruan kognitif. Berdasarkan data Alzheimer’s Association, sebanyak 2/3 penderita Alzheimer di Amerika Serikat adalah wanita. Hasil penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa penyakit ini lebih progresif pada wanita.

    Multiple Sclerosis
    Multiple Sclerosis atau MS adalah penyakit kronis pada sistem saraf pusat yang menyebabkan seseorang mengalami mati rasa pada otot, kelumpuhan, hingga kehilangan penglihatan. Banyak ahli mengatakan MS adalah penyakit autoimun karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan selubung pelindung (myelin) yang menutup saraf di otak. Penyakit ini mempengaruhi lebih dari 2,1 juta orang di seluruh dunia dan dua hingga tiga kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

    Lupus
    Penyakit yang autoimun lainnya yang lebih berisiko bagi wanita adalah lupus. Bahkan, menurut data  Lupus Foundation of America, lebih 90% penderita penyakit ini adalah wanita. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat yang ada di dalam tubuh. Salah satu gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah. (Hana Devarianti/VP/Image: DOK. Twentieth Century Fox Film Corporation)