Better You

Mitos Makanan Sehat yang Ternyata Salah

  by: Silvya Winny       16/8/2015
  • Kini semakin banyak yang berlomba-lomba menjalani gaya hidup sehat. Salah satu caranya dengan makan makanan sehat. Tapi jangan salah ladies, tak semua kebiasaan makan yang diklaim sehat benar-benar baik untuk tubuh, lho. Simak enam mitos makanan sehat berikut ini!

    Tak Ada Batasan Makan Makanan Sehat
    Makan makanan sehat bukan berarti bisa dinikmati sesuka hati dengan porsi tak terbatas. Misalnya Anda membuat brownies dengan bahan-bahan organik dan rendah lemak. Ya, brownies-nya memang sehat, tapi jika dimakan satu loyang sendiri efeknya tentu tak baik bagi tubuh.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
    Vegetarian Lebih Sehat
    Diet vegetarian akan sangat menyehatkan jika benar-benar direncanakan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Namun berhenti makan daging dan dairy product secara tiba-tiba tak lantas membuat tubuh langsing secara instan. Selain itu, daging dan dairy product mengandung protein, kalsium, dan lemak baik yang dibutuhkan tubuh.

    Gluten adalah Musuh
    Makanan bebas gluten tentu sehat tapi agak lebih mahal. Misalnya makanan gluten free seperti roti, memiliki kandungan serat, zat besi, vitamin dan mineral yang lebih rendah daripada roti “biasa”. Jadi jangan merasa bersalah mengonsumsi roti yang dibuat dengan gandum atau gluten karena sama-sama sehat.



    Makan Makanan Mentah
    Nutrisi yang terdapat di sayuran mentah memang akan tetap utuh karena tidak dimasak. Namun ada juga makanan yang jauh lebih sehat bila dimasak seperti tomat. Tomat yang dimasak membuat Anda bisa menyerap antioksidan likopen yang bisa membantu mencegah kanker.




    Sayur dan Buah Harus Selalu Segar
    Sayur dan buah segar tentu menyehatkan dan kaya vitamin. Tapi mengonsumsi sayur dan buah segar bukan cara satu-satunya untuk memenuhi nutrisi tubuh. Sayuran beku atau buah kalengan juga baik karena setelah dipetik langsung dibekukan sehingga vitaminnya masih ada.

    Produk Low Fat Lebih Baik
    Jangan selalu menganggap yoghurt, susu, atau sereal yang rendah lemak pasti lebih sehat. Biasanya produk makanan rendah lemak menggunakan bahan buatan lain untuk menggantikan lemak dan menurunkan kalori. Itulah mengapa produk low fat belum tentu lebih sehat. (Soca Massardi/SW/Image: dok. Paramount Pictures)