Career

Cara Berhemat yang Membuat Anda Boros

  by: Silvya Winny       17/8/2015
  • Ingin memangkas pengeluaran bulanan? Hati-hati ladies, tak semua cara berhemat benar-benar bisa mengurangi pengeluaran Anda, lho. Ini dia beberapa kebiasaan yang Anda pikir bisa mengirit alur kas Anda, eh, tapi justru membuatnya jadi makin “membengkak”.

    Belanja karena Diskon
    Diskon di butik atau online shop memang sangat menggoda. Kadang Anda jadi membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan hanya karena tergoda harganya. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah berhenti berlangganan newsletter atau katalog di e-mail yang notifikasinya bisa muncul kapan saja di ponsel sehingga tidak tergoda untuk belanja.

    Pergi Jauh Demi Menukar Kupon
    Apa Anda termasuk orang yang rela pergi jauh demi menukar kupon? Coba pikirkan berapa banyak uang yang terbuang untuk biaya bahan bakarnya. So, sebelum pergi menukarnya, pertimbangkan dulu apakah barang itu betul-betul worth it. Jangan lupa cek website resmi toko untuk informasi lengkapnya. Tak mau, kan sudah jauh pergi namun ternyata kuponnya tidak berlaku?



    Membeli Barang Termurah
    Naluri wanita saat belanja cenderung akan mencari barang dengan harga termurah. Tapi kalau terus menerus beli barang murah berkualitas rendah Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang di masa depan. Cari tahu kualitas produk sebelum membeli. Tak perlu membeli barang termahal kok, hanya saja jangan beli yang termurah.



    Belanja Demi Reward
    Cash back, diskon tiket pesawat dan hotel menjadi bagian promosi sebagian besar kartu kredit yang cukup menggiurkan. Bukan berarti belanja banyak dengan kartu kredit akan bermanfaat. Jika Anda harus belanja menggunakan kartu kredit sebanyak Rp5juta demi cash back 3%, di mana sisi hematnya? Think again!


    Membuat Kartu Kredit Toko
    Jangan tergoda dengan berbagai tawaran diskon eksklusif yang akan didapat jika membuat kartu kredit toko tertentu. Biasanya diskon hanya berlaku di beberapa bulan pertama dan dengan batas minimal belanja. Jika Anda jarang belanja di toko tersebut, untuk apa Anda membuat kartu kreditnya? (Soca Massardi/SW/Image: Dok. Walt Disney Pictures)