Career

Kiat Menghindari Lembur

  by: Silvya Winny       19/8/2015
  • Jika Anda sering melihat aktivitas lembur sebagai tanda karyawan teladan dan rajin karena bersedia kerja di luar batas jam kantor, well, Anda salah besar! Selain tidak produktif dan mengurangi waktu pribadi Anda, lembur justru bisa membuat Anda dicap lamban dalam menyelesaikan pekerjaan. Agar Anda tak perlu lembur lagi, simak tip Cosmo berikut!

    Buat Skala Prioritas
    Dalam mengerjakan tugas, sangat penting untuk membuat skala prioritas. Mulai dengan mengerjakan tugas yang cukup berat dan penting di pagi hari saat kondisi masih segar. Lalu lakukan tugas berikutnya sesuai prioritas yang ditentukan.

    Hindari Hal-Hal yang Mengganggu
    Banyak gangguan kecil yang tanpa disadari sering memangkas waktu kerja, seperti bergosip dengan rekan kerja, membuka media sosial, atau makan siang ke mal yang pasti butuh waktu lama. Sebisa mungkin hindari hal ini saat sedang sibuk. Tolak ajakan rekan kerja dengan halus lalu tawarkan waktu lain untuk menggantinya.



    Jangan Tunda Pekerjaan
    Agar tugas tidak menumpuk, Anda bisa majukan deadline dari jadwal. Misalnya, jika deadline Anda hari Jumat, coba selesaikan pada hari Kamis. Coba juga untuk datang lebih cepat dari waktu biasa.

    Bijak Memanfaatkan Teknologi
    Ada baiknya untuk tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berbagai aplikasi yang ada di smartphone Anda. Lebih baik manfaatkan aplikasi atau fitur lain yang bisa memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda.



    Manfaatkan Waktu Istirahat
    Usahakan cukup istirahat agar stamina tetap terjaga. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah energi dan semangat untuk bekerja. Setelah jam istirahat, segeralah kembali ke pekerjaan. Bersosialisasi bisa dilakukan lagi setelah pekerjaan selesai atau usai jam kantor.

    Ciptakan Suasana Tenang
    Mungkin Anda menganggap suasana bekerja di malam hari membuat Anda lebih tenang. Anda tetap bisa kok menciptakan suasana tenang di siang hari dengan menutup telinga menggunakan earphone sambil mendengarkan musik favorit. Dengan begitu, Anda bisa lebih berkonsentrasi dan semangat dalam bekerja. (Soca Massardi/VP/Image: Dok. Paramount Pictures)