Career

5 Panduan Memakai Credit Card

  by: Silvya Winny       21/8/2015
  • Tagihan kartu kredit bulan lalu membengkak? Hmmm, mungkin Anda salah memanfaatkan kartu kredit saat berbelanja. Jangan lupa, kartu kredit bukanlah sarana untuk berhutang. Tak ingin kan mata Anda melotot saat melihat tagihannya datang? Yuk, hindari penggunaan berlebih kartu kredit dengan tips berikut.

     

    Atur Limit Kartu



    Limit kartu kredit yang tinggi akan membuat hasrat belanja Anda semakin besar. Sebaiknya, sesuaikan limit kartu dengan gaji agar tidak kerepotan saat tagihan tiba. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang ya.

     

    Batasi Pemakaian

    Batasi pemakaian kartu kredit antara 30% hingga maksimal 40% dari pendapatan Anda tiap bulannya. Ingat ladies, pengeluaran Anda tidak semuanya dilakukan dengan kartu kredit, kan? Gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan.

     

    Lihat Penerbit Kartu



    Jika ingin memiliki lebih dari satu kredit, maka buatlah dengan penerbit yang berbeda, misalnya Mastercard dan Visa. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan kartu tersebut dengan kelebihan masing-masing.

     

    Minimalisir Penggunaan

    Dibanding melulu menggunakan kartu kredit, lebih baik gunakan uang tunai atau debit card agar tagihannya langsung dipotong dari rekening Anda. Percayalah, hal tersebut lebih efektif untuk menekan nafsu belanja Anda.

     

    Maksimalkan Kegunaannya

    Tranksaksi belanja online merupakan salah satu kegunaan dari memiliki kartu kredit. Maksimalkan keuntungan tersebut dengan kartu Anda dan sebaliknya, hindari penggunaan kartu saat Anda sedang berbelanja di mal. (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Outnow.ch)