Better You

Ini Dia Tip Rawat Hewan Peliharaan yang Wajib Anda Terapkan

  by: Silvya Winny       23/8/2015
  • Tak sulit sebenarnya merawat anjing, tapi keputusan untuk memilikinya tak boleh dianggap remeh. Yuk, ikuti tip dari animal activist Davina Veronica, yang juga Honorary Supporter untuk WWF-Indonesia dan, sejak 2011, sebagai co-founder Garda Satwa Indonesia, yayasan nonprofit yang bergerak di kesejahteraan satwa domestik – dan juga sang pemilik lima anjing ini.

    It’s a Lifetime Commitment
    Tak hanya dengan pasangan hidup atau anak Anda kelak, tapi saat Anda memutuskan untuk punya hewan peliharaan Anda pun telah membuat komitmen, lho—and you must stick to it! Anda wajib memberikan anjing Anda makanan, air, medical care, dan, tentunya, love and attention. Yup, it’s a long-term financial and emotional commitment.

    Get Them to Socialize
    Coba kalau Anda tiap hari tak berinteraksi dengan orang—pasti Anda bakalan jadi orang yang grumpy dan ansos. Well, so does your dog. Sejak dini biasakan anjing Anda bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang dan hewan lainnya di lingkungan Anda. Ini akan membuat mereka menjadi anjing yang stabil, happy, dan percaya diri. Hal ini juga ampuh mencegah anjing jadi penakut atau agresif saat mereka dewasa.



    Groom Them
    Tak perlu sampai memakaikan mereka baju ala bayi, kok—their fur is beautiful enough! Yang penting Anda mesti rajin memandikan dan menyisir bulu mereka agar tak kusut (walau tak dianjurkan untuk memandikan terlalu sering, tapi bila anjing Anda memiliki bulu lebat dan tinggal di area bercuaca panas maka boleh dimandikan lebih sering).



    Brush Their Teeth
    Yikes! Mungkin ini agak sulit ya, tapi, lagi-lagi, it’s a commitment. Sama seperti gigi Anda, pastinya gigi anjing rentan terkena penyakit yang sama. So, better safe than sorry: sikatlah gigi mereka sebanyak tiga sampai lima kali seminggu. Bila bingung cara melakukannya, tanyakanlah kepada dokter hewan Anda untuk cara yang terbaik. (Sahiri Loing / SW / Image: outnow.ch)