Better You

8 Tip Diet Detoks Tanpa Lapar

  by: Silvya Winny       23/8/2015
  • Sering lesu dan tak bertenaga saat bangun pagi? Itu salah satu tanda terlalu banyak racun menumpuk di tubuh. Untuk mengembalikan kebugaran badan, Anda bisa lakukan diet detoks selama satu minggu. Tertarik? Tip Cosmo berikut ini akan membantu Anda agar diet lancar tanpa lapar.

    Perbanyak Minum Air
    Air akan melancarkan kerja ginjal, hati, usus, dan limpa agar sisa-sisa kotoran keluar dari tubuh. Tak perlu minum sekaligus banyak jika tidak haus, tapi biasakan minum dua liter sehari plus satu hingga dua cangkir teh atau kopi. Cara baik mengetahui Anda cukup air adalah  buang air kecil kurang lebih dua jam sekali dan warnanya tidak terlalu keruh.

    Tetap Konsumsi Karbohidrat
    Meski sedang diet, Anda wajib mengonsumsi karbohidrat setidaknya 1400-1600 kalori per hari. Ini agar Anda masih punya energi sepanjang hari dan tak kekurangan vitamin. Jika kurang kalori, Anda bisa kehilangan jaringan otot dan bukan menghilangkan lemak.



    Sarapan Sehat
    Sarapan tak boleh terlewatkan saat menjalani diet. Pilih semangkuk oatmeal dengan topping kayu manis dan unsalted nuts, Greek yoghurt dengan buah beri, atau scrambled egg dengan salmon serta satu lembar roti gandum panggang.

    Minum Smoothie
    Diet detoks belum lengkap jika tak mengonsumsi smoothie yang super sehat. Campur sayuran seperti bayam, wortel, atau brokoli, buah apel dan yoghurt ke dalam blender. Smoothie bisa menurunkan berat badan karena bisa mengenyangkan perut.

    Makan Protein
    Anda mungkin tak bisa mengonsumsi smoothie setiap saat. Itulah mengapa Anda harus selingi dengan makan protein yang terdiri dari ikan, dada ayam, ayam tanpa kulit, dan banyak sayuran.



    Cemilan Sehat
    Lapar saat di kantor? Pilih popcorn, unsalted nuts, buah, dan sedikit coklat untuk cemilan di siang hari. Hindari juga minum soda meski itu berlabel diet dan alihkan dengan yoghurt atau susu.

    Banyak Bergerak
    Ketika detoks jangan lakukan olahraga terlalu berat. Lakukan olahraga ringan seperti stretching agar peredaran darah tetap lancar dan mengeluarkan racun-racun tubuh melalui keringat.

    Gluten Tidak Jahat
    Kini makanan gluten-free memang sedang tren. Tapi mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum bisa membantu proses detoksifikasi. Gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat. (Soca Massardi/VP/Image: Outnow.ch)