Better You

7 Makanan untuk Resep Awet Muda

  by: Silvya Winny       24/8/2015
  • Ternyata tidak sulit untuk tampil awet muda. Dengan menjaga asupan makanan, Anda dapat “memutar” proses penuaan. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di makanan di bawah ini, misalnya, dapat menjaga kesehatan tubuh sehingga tampak lebih muda.

     

    Apel



    An apple a day keeps the doctor away, dear! Anti-oksidan yang terdapat pada apel mampu melembapkan dan menyegarkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan quercetin-nya mampu membunuh sel kanker dan menjaga tekanan darah. Sedangkan kandungan pectin atau karbohidrat kompleks dapat membunuh racun penyebab kanker serta menjaga kadar kolesterol.

     

    Pisang

    Memakan pisang segar juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Pisang memiliki kandungan potasium yang mampu melawan tekanan darah tinggi dan stroke. Ada pula magnesium yang menjaga ketahanan otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan folat-nya juga dapat menjaga fungsi hati dan membunuh sel-sel kanker.

     

    Blueberry

    Anda sebaiknya mulai mengonsumsi blueberry setidaknya empat gram dalam sehari. Ini karena blueberry dapat menjaga tubuh dari radikal bebas akibat polusi. Ia juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, buah mungil ini mengandung asam ellagic, senyawa polipenolik yang efektif menangkal kanker, meningkatkan daya kerja otak, dan mempertajam penglihatan. Wow!

     

    Bayam



    Tidak heran Popeye dapat menjadi seseorang yang lebih kuat berkat bayam karena sayuran ini memiliki banyak manfaat. Bayam kaya akan vitamin A dan C serta asam folat yang berguna bagi pembentukan sel baru. Sayuran ini bahkan dapat melawan perkembagan sel kanker, mencegah penyakit lever, hingga mental disorder.

     

    Walnut

    Anda yang ingin memiliki kulit kencang sebaiknya memasukkan walnut atau kacang kenari sebagai menu sehari-hari. Walnut kaya akan vitamin B dan anti-oksidan yang mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan. Psst... Vitamin E, folat, melatonin, dan omega-3 pada walnut juga dapat membuat otak awet muda dengan meningkatkan fungsi kognitif dan motorik.

     

    Alpukat

    Kali ini coba tambah alpukat dalam menu salad Anda. Kandungan vitamin A dalam alpukat dapat melindungi mata dan mencegah katarak. Alpukal juga dapat menghaluskan, mengenyalkan, hingga menghilangkan kerutan pada kulit sehingga Anda tampak lebih segar dan awet muda.

     

    Bawang Putih

    Bahan makanan yang satu ini ternyata tidak hanya membuat makanan Anda tambah sedap tetapi juga sehat. Bawang putih adalah sumber anti-oksidan. Bahkan, ia memiliki kandungan anti-oksidan melebihi makanan lainnya. Hal itu membuatnya mampu membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit seperti flu, darah tinggi, hingga kolesterol. (Hana Devarianti/VP/Image: www.homeofthenaughty.com)