Better You

4 Jenis Beras dan Manfaatnya

  by: Silvya Winny       24/8/2015
  • Selain rasa enak dan sifatnya yang mengenyangkan, beras juga mempunyai segudang manfaat. Nah, kali ini Cosmo beri bocoran manfaat beras sesuai dengan variannya. Mau tahu? Simak!

    Beras Putih
    Beras putih memang paling pas sebagai menu utama terutama ketika Anda mencicipi Nasi Padang. Tak hanya rasanya yang enak, beras putih juga merupakan sumber karbohidrat dan bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti diare serta radang usus besar.

    Beras Merah
    Walaupun teksturnya yang lebih kasar dibanding beras putih, tapi beras merah adalah pilihan yang tepat kala Anda diet. Mengonsumsi nasi merah bermanfaat untuk menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang mengatur kadar gula darah dan insulin.



    Beras Hitam
    Nasi yang berasal dari beras hitam hingga kini masih sering disebut sebagai “forbidden rice” karena zaman dahulu kala, beras ini khusus dikonsumsi keluarga bangsawan saja. Keistimewaan dari nasi hitam dapat mencegah kanker dan memperbaiki fungsi hati dan ginjal.



    Beras Coklat
    Bentuk dan warnanya yang hampir sama dengan beras merah terkadang membuat banyak orang terkecoh. Jika beras merah pas untuk diet, maka beras coklat cocok untuk para penderita diabetes. Kandungan minyak sehat dalam makanan ini mampu mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh. (Salli Sabarrang/VP)

    tags: manfaat, beras, rice