Better You

Alasan Klise yang (semestinya) Tak Berlaku Lagi di Zaman Teknologi

  by: Adya Azka       26/8/2015
  • Teknologi masa kini jelas telah membuat hidup kita lebih ringkas dan efisien, namun terkadang kita masih suka kembali ke “kebiasaan” lama terkait memberikan alasan. Check these excuses, dan pasti Anda akan merasa sangat familiar.

    “Jalanan macet banget nih”
    Inilah “benefit” tinggal di Ibukota yang padat mobil—dan terkadang Anda akan sulit meragukan kebenarannya! Well, waktu macet memang tak bisa ditebak tapi menurut Cosmo setidaknya Anda bisa menghindarinya. Tentu Anda sudah familiar kan dengan aplikasi Waze yang memungkinkan Anda tahu di mana spot kemacetan? Atau bila alasannya adalah telat bangun (ehem, we know), coba app unik ini: Wakie, sebuah Social Alarm Clock di mana Anda akan dibangunkan oleh suara orang...yang tidak Anda kenal. Yup, it’s kinda weird, tapi Wakie yang rilis tahun lalu ini setidaknya memiliki niat baik. “Riset kami menunjukkan obrolan 1 menit bersama seorang stranger akan langsung ‘membangunkan’ otak Anda,” ujar Hrachik Adjamian, co-founder Wakie. Dan Anda pun nanti bisa berperan sebagai yang membangunkan. Intinya: no reason to be late again, ladies!

    “Wah dia lagi di luar kota jadi tidak bisa memberikan konfirmasi sekarang.”
    Um, okay, tapi memangnya dia tidak tahu ada yang namanya email ya? Well, memang dapat dipahami kalau Anda tipe orang yang tidak mau diganggu saat libur, tapi tetap saja, dear, apabila ada hal yang urgent—dan Anda berada dalam posisi decision maker—yang jatuh pada hari kerja maka tentu merespons email merupakan suatu kewajiban supaya Anda tahu situasi di kantor. Walaupun Anda tengah pelesir bukan berarti Anda lepas tanggung jawab lho, apalagi kalau tanggung jawab tersebut terkait dengan kebahagiaan karyawan.





    “Saya nggak tahu lokasinya.”
    Urrmm, okayy, Anda belum pernah dengar yang namanya Google Map ya? Seriously, teknologi sekarang juga diciptakan untuk memudahkan hidup Anda lho, bukan sekadar untuk Anda bisa memuat foto selfie atau main game. Ada banyak informasi yang bisa Anda singkap dari smartphone Anda, dan mencari tahu tentang lokasi hanyalah sebagian kecil dari informasi tersebut. So Google away, honey, google away. (Sahiri Loing / SW / Image: kaspiic / iStock / Thinkstock)