Better You

Waspada Serangan Jantung pada Wanita

  by: Silvya Winny       28/8/2015
  • Gejala serangan jantung pada wanita memang mirip dengan penyakit ringan biasa. Untuk itu, Anda perlu lebih hati-hati agar tidak salah mengira gejala jantung sebagai gangguan saluran pencernaan atau flu biasa. Berikut beberapa gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai!

    Mudah Lelah
    Jika terus menerus lelah setelah melakukan aktivitas sederhana dapat menandakan ada gangguan pada jantung Anda. Rasa lelah yang amat berat usai beraktivitas ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Keluhan ini biasanya berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung.

    Nafsu Makan Menurun
    Saat jantung bermasalah, ada cairan menumpuk di dalam rongga perut yang membuat terasa penuh dan menurunkan nafsu makan. Tak hanya itu, ketika gelaja serangan jantung timbul tubuh akan lebih sering mual, nyeri pada ulu hati, hingga muntah.



    Nyeri Dada
    Nyeri dada bisa terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul. Segera periksa kondisi ke dokter saat dada terasa nyeri hingga kesulitan bernapas. Ini bisa disebabkan oleh penyumbatan arteri yang membuat darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh.

    Sakit Kepala
    Sering pusing atau migren hingga pingsan? Gejala ini bisa terjadi karena kerja otot jantung melemah sehingga sirukulasi darah menyimpang dan mengacaukan pasokan darah ke seluruh tubuh. Selain itu, orang dengan penyakit jantung juga akan mudah pusing dan lemas ketika terkena paparan cahaya.




    Pembengkakan
    Umumnya bengkak terjadi pada bagian terjauh dari jantung seperti kaki atau tangan. Biasanya hal ini terlihat saat kesulitan memakai atau melepas sepatu. Bengkak yang disebut edema ini terjadi karena ada cairan menumpuk di dalam tubuh akibat kelainan pada katup jantung. 

    Berkeringat
    Biasanya seseorang akan berkeringat usai olahraga atau saat cuaca panas bukan? Namun jika Anda berkeringat berlebihan saat sedang duduk bersantai, itu patut dicurigai! (Soca Massardi/VP/Image: DeanDrobot/iStock/466999732)