Lifestyle

Peluncuran Film Tiga Dara Hasil Restorasi 4K

  by: RedaksiCosmopolitan       4/8/2016
  • Tanggal 3 Agustus 2016 bertempat di Metropole XXI, Jakarta Pusat, peluncuran Festival Film Indonesia 2016 sekaligus ditandai dengan pemutaran film Tiga Dara. Salah satu film legendaris Indonesia yang pertama kali dirilis pada tahun 1956 ini sudah berhasil direstorasi dengan kualitas gambar dan suara yang lebih tajam, bersih, dan jernih. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pemain filmnya yaitu, Mieke Wijaya, Indrianti Iskak, dan perwakilan dari Alm Chitra Dewi.


    Peluncuran Film Tiga Dara Hasil Restorasi 4K





    Film drama musikal Indonesia yang disutradarai Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail ini menceritakan tentang tiga saudara perempuan, yaitu Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya), dan Neni (Indriati Iskak). Sepeninggal ibu, ketiganya hidup bersama ayah, Sukandar (Hassan Sanusi), dan nenek mereka (Fifi Young) di Jakarta. Sang nenek tak henti-hentinya mencarikan jodoh untuk ketiga cucu perempuannya. Sampai suatu ketika, semuanya dilanda asmara di saat yang sama, sehingga terjadilah kekacauan lucu di antara ketiganya.

    Film Tiga Dara sangat sukses secara komersil dan ditayangkan selama 8 (delapan) minggu berturut-turut di seluruh Indonesia, menjadikannya sebagai film Indonesia terlaris pada masanya. Musik-musik indah dan abadi pada film ini dibuat oleh komposer legendaris Saiful Bahri dengan lagu-lagu yang ditulis oleh Saiful Bahri sendiri, Oetjin Nurhasjim, dan Ismail Marzuki.

    Inisiatif untuk melakukan penyelamatan film Tiga Dara pertama kali dilakukan oleh pemerintah Belanda, melalui EYE Museum di Amsterdam pada tahun 2011, namun tertunda karena krisis ekonomi di Eropa saat itu. Setelah diskusi panjang, akhirnya proses restorasi pun dimulai di Laboratorium L’immagine Ritrovata, Bologna.


    Peluncuran Film Tiga Dara Hasil Restorasi 4K




    Bersamaan dengan pemutaran perdana untuk umum film hasil restorasi 4K tanggal 11 Agustus 2016, akan diadakan juga sebuah konser besar musik untuk memeringati 60 tahun Tiga Dara. Konser diselenggarakan di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki - Jakarta, dengan menampikan artis dan penyanyi yang terlibat pada pembuatan album aransemen uang lagu orisinil dari film Tiga Dara, seperti Bonita, Aimee Saras, Aprilia Apsari, Indra Aziz, Monita Tahalea, Louise Deredia, dan lain sebagainya.

    Tampil juga pada konser 60 Tahun Tiga Dara ini, artis dan penyanyi dari film Ini Kisah Tiga Dara, seperti Tara Basro, Tatyana Akman, Reuben Elishama, ditambah dengan penampilan istimewa dari penyanyi legendaris Titiek Puspa.

    Film Tiga Dara hasil restorasi 4K akan dirilis di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 11 Agustus 2016. Sementara film baru yang terinspirasi dari film tersebut, yaitu film Ini Kisah Tiga Dara, karya sutradara Nia Dinata, akan mulai dirilis serentak di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 1 September 2016. (Poppy Yunita / VP / doc. FFI)

     

    Baca juga: 

    Para Pemenang di Festival Film Indonesia 2015

    Mengintip Set Film Indonesia

    A Copy of My Mind, Drama Romantis Dengan Latar Intrik Jakarta