Lifestyle

Meriahnya Pembukaan Olimpiade Rio 2016

  by: Redaksi       6/8/2016
  • Walaupun sebelumnya banyak berita kurang menyenangkan mengenai penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016, tapi pesta pembukaan Olimpiade tahun ini nyatanya tetap berlangsung meriah. Bertempat di Stadium Maracana, Rio de Janeiro, Brasil hari Jumat, 5 Agustus 2016 malam waktu setempat, opening ceremony Olimpiade dibuka dengan letusan kembang api dan koreografi penuh tarian lampu.
     
    Upacara pembukaan ini sendiri disutradarai oleh Fernando Meirelles, filmmaker legendaris dari Brasil. Meskipun acara pembukaan ini hanya mengeluarkan anggaran USD3.5 juta (Rp46 miliar), namun kemeriahan tetap ditampilkan pihak penyelenggara. Tak kurang dari 80 ribu penonton memenuhi stadion untuk menyaksikan pembukaan pesta olahraga dunia ini. Acara juga semakin menarik ketika event empat tahunan ini menampilkan kesenian tradisional Brasil yang diberi sentuhan modern. Panita upacara pembukaan juga tak lupa menampilkan tarian samba, aksi parkour, koreografi, dan canggihnya proyeksi tiga dimensi yang memukau.
     

    (Gisele Bundchen sekali lagi berjalan di atas catwalk untuk Olimpiade Rio.)
     
    Jika di tahun-tahun sebelumnya semua kontingen berjalan memutari stadion setelah dipanggil masuk ke lapangan, tahun ini ada yang berbeda. Atlet yang memegang papan negara masing-masing tak terlihat karena mereka menggunakan sepeda. Kontingen Yunani sebagai tuan rumah pertama Olimpiade keluar pertama, disusul negara lain dengan urutan abjad dan diakhiri tuan rumah Brasil yang menutup defile. Tak ketinggalan pula hadir supermodel asal Brasil, Gisele Bundchen di tengah-tengah upacara pembukaan. Supermodel yang sudah mengukuhkan diri untuk pensiun dari catwalk ini sekali lagi tampil untuk mewakili negaranya.
     



    (Yessy Yosaputra jadi pusat perhatian dengan kostum tradisional.)
     
    Rombongan atlet dari Indonesia sendiri Indonesia dipimpin oleh atlet dari cabang atletik lompat jauh, Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera. Di belakang Maria ada atlet atletik Sudirman Hadi, atlet renang Glenn Victor dan Yessy Yosaputra, serta tiga orang atlet angkat besi Deni, I Ketut Ariana, dan Triyatno. Dalam Olimpiade tahun ini, Indonesia mengirimkan 28 atlet dari tujuh cabang olahraga. Good luck to all the athletes! (Vidi Prima / VP / Image: doc. Twitter @olympic @INABisaEmas)