Beauty

Merawat Wajah Berdasarkan Periode Menstrual

  by: Arinda Christy       14/8/2016
  • Sering merasa skincare andalan tidak berfungsi dengan baik di minggu-minggu tertentu? Mungkin Anda sudah harus mulai memperhatikan siklus mentruasi bulanan, dan membedakan teknik perawatan kulit wajah di setiap minggunya!

    (Arinda Christi/Images: Courtesy of Laneige, Bravura, Kypris, Mario Badescu, Avène, Svetlana Fedoseyeva/ShutterStock/ClickPhotos)

     



    Week 1: Pada minggu pertama ini, biasanya level hormon Anda masih tergolong rendah. Jadi, kulit akan terasa lebih kering dan sensitif. Cobalah fokus untuk melakukan perawatan yang mampu menenangkan dan melembapkan kulit dengan baik. Laneige Water Sleeping Mask ini bisa jadi opsi untuk menenangkan kulit selama Anda terlelap.

     

    Week 2: Seiring dengan meningkatnya homon estrogen di minggu ini, maka beri perhatian lebih untuk melakukan eksfoliasi dan pencerahan kulit wajah. Salah satu cara untuk memperoleh tampilan kulit yang lebih cerah adalah dengan menggunakan chemical peeling di malam hari. Favorit Cosmo untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat wajah jadi lebih bercahaya adalah Bravura Glycolic Acid 10%.

     

    Week 3: Saat Anda sedang dalam tahap ovulasi, kulit akan tampak lebih glowing. Produksi kolagen pun mencapai batasan maksimalnya di tahap ini. Jadi ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melakukan facial antipenuaan di klinik favorit, atau mengaplikasikan produk anti-aging secara rutin. Produk yang mengandung retinoid di dalamnya juga bisa membantu stimulasi sel kulit baru, sehingga akan sangat efektif untuk mengatasi bintik hitam, hiperpigmentasi, hingga kerutan pada wajah dan membuat kompleksi kulit jadi lebih bersinar sehat. Pada minggu ketiga ini biasanya Cosmo mengaplikasikan Kypris Moonlight Catalist yang merupakan produk herbal sebagai alternatif dari retinoid dengan fungsi yang sama. Kandungan fermented pumpkin enzymes, biomimetic EGF, dan hydrating botanical extracts di dalamnya akan memberikan hasil akhir yang sama seperti retinoid tanpa iritasi ataupun pengelupasan kulit.

     

    Week 4: Di minggu ini, biasanya Anda akan mengalami gejala pre-menstrual yang membuat kulit jadi lebih berminyak dari biasanya, hingga munculnya jerawat mengganggu. Inilah waktunya untuk sedikit mengurangi lapisan skincare dan mulai melakukan perawatan simpel untuk mengontrol produksi sebum berlebih, seperti aplikasi produk antibakterial dan soothing cream untuk mengatasi jerawat. Jika memang jerawat timbul hanya pada beberapa area wajah, coba gunakan Mario Badescu Drying Lotion (jika merupakan whiteheads acne) atau Mario Badescu Buffering Lotion (untuk cystic acne). Tapi, jika kulit wajah mengalami breakout yang menggaggu, Anda bisa coba aplikasikan Avène Soothing Moisture Mask untuk menenangkan kulit wajah.



     

     

     

    Baca juga: 

    Solusi untuk Masalah Saat Menstruasi

    5 Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Jerawat

    Makanan Ini “Sahabat” Wanita Saat Menstruasi

    Solusi untuk Masalah Saat Menstruasi