Lifestyle

8 Fakta Tentang Olympic Games 2016

  by: Salli Sabarrang       11/8/2016
  • Keriaan Olympic Games 2016 masih berlangsung. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah 8 fakta menarik dibalik Olympic Games 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil.

    Fakta 1. Tahukah Anda bahwa Rio adalah kota pertama di Amerika Selatan yang menjadi tuan rumah Olympic Games? Kota ini memenangkan tender pada tahun 2009, mengalahkan Chicago, Madrid, dan Tokyo.

    Fakta 2. Kompetisi ini akan berlangsung di empat tempat yang berbeda. Pertama adalah Copacabana yang akan menjadi tuan rumah pertandingan voli pantai. Kedua, Deodoro akan menjadi tuan rumah dari pertandingan olahraga air, BMX, dan pacuan kuda. Ketiga, Maracana yang dikenal memiliki dua stadion besar. Dan keempat adalah Barra, tempat di mana olympic park berada.



    Fakta 3. Total biaya yang dikeluarkan untuk Olimpiade Rio de Janeiro diperkirakan mencapai EUR10.24 milyar. EUR6.56 milyar digunakan untuk infrastruktur kota, EUR1.77 milyar untuk fasilitas olahraga, dan EUR1.91 untuk event olimpiade.

    Fakta 4. Golf akan kembali dipertandingkan di Olimpiade Rio setelah absen selama 112 tahun. International Olympic Committee (IOC) memutuskan untuk mengembalikan olahraga ini. Khusus untuk turnamen golf, lapangannya dirancang oleh arsitek asal Amerika, Gil Hanse.

    Fakta 5. Maskot Olympic Games 2016 adalah Vinicius, makhluk berwarna kuning dan biru yang mewakili satwa liar Brazil. Vinicius menyerupai kucing atau monyet yang bisa terbang. Dinamakan Vinicius karena terinspirasi dari musisi bossanova bernama Vinicius de Moraes.

    Fakta 6. Terdapat 7.5 tiket yang akan dijual selama Olympic Games 2016. Harganya beragam, mulai dari USD 40 hingga USD 3000 untuk pertandingan cabang olahraga renang. Olahraga yang paling populer sejauh ini adalah sepak bola, basket, dan voli.

    Fakta 7. Penyelenggara Olympic Games 2016 mempersiapkan setidaknya 60.000 paket makanan untuk para atlet setiap harinya. Makanan khas Brazil seperti nasi, black beans, daging panggan serta tapioca, pao de queijo (roti keju), dan acai yang merupakan buah Amazon menjadi menu yang disajikan oleh panitia.

    Fakta 8. Serunya, supir taksi di Rio diberi kesempatan untuk mendaftar kursus online Bahasa Inggris secara gratis yang disediakan oleh panitia olimpiade. Para supir taksi ini diberikan kursus selama empat bulan untuk bisa berkomunikasi kepada warga asing yang berkunjung ke Rio selama Olympic Games 2016 berlangsung. (Salli Sabarrang/VP/ Image: Instagram @rio2016brasil)



     

    Baca juga:

    Meriahnya Pembukaan Olimpiade Rio 2016

    Mereka yang Berlaga di Olimpiade 2012

    Atlet Missy Franklin Sebagai Brand Ambassador Speedo

    Atlet Indonesia Open Mengenakan Batik Rancangan Oscar Lawalata