Beauty

Manfaat Retinoid untuk Kulit

  by: Arinda Christy       16/8/2016
  •  

    Jika Anda sudah merasa tanda-tanda penuaan mulai muncul, produk yang mengandung vitamin A, seperti retinol atau retinoid bisa digunakan untuk mengatasi problema tersebut. Kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga akan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru yang menjadikan kulit wajah terlihat lebih muda. Tetapi, karena produk yang mengandung vitamin A ini juga akan mempercepat proses pergantian kulit, maka ada kemungkinan wajah Anda menjadi lebih sensitif pada saat masa awal penggunaan produk. Oleh karena, itu pastikan untuk mengaplikasikannya di malam hari, dan gunakan sunscreen di siang hari.  (Arinda Chisti/Image: Courtesy of Sunday Riley,  Fly_dragonfly/ShutterStock/ClickPhotos)



     

    Karena memiliki buzz yang cukup kencang di berbagai media di seluruh dunia, hingga memiliki tempat spesial di hati banyak beauty enthusiast serta selebriti Hollywood, seperti Gwenneth Paltrow dan Victoria Beckham, maka Cosmo memutuskan untuk mencoba Sunday Riley Luna Sleeping Oil. Produk yang disebut sebagai generasi terbaru dari retinoid oil ini memang diklaim aman untuk digunakan oleh Anda yang baru pertama kali bersinggungan dengan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Well, hal ini juga dirasakan Cosmo saat pertama kali mengaplikasikan 3-4 tetes Luna pada wajah. Saat pagi menjelang, kulit tidak terlihat memerah ataupun perih seperti jika menggunakan produk yang mengandung retinoid pada umumnya. Tampilan jerawat kecil pada wajah juga tidak menjadi semakin meradang, malah kulit jadi lebih terasa tenang dan jerawat jadi terlihat mengecil. Hal tersebut sepertinya karena kandungan Trans-retinoid Acid Ester yang memberikan efek pengelupasan kulit secara halus, memperbaiki teksturnya, mereduksi kerutan, bintik hitam, membantu mengatasi eczemapsoriasisdermatitisrosacea dan juga jerawat tanpa menimbulkan iritasi atau kemerahan. Selain itu, kombinasi dari blue tansy dan German chamomile di dalamnya juga dipercaya mampu menenangkan kulit selagi formula lainnya berusaha untuk meremajakan tampilannya. Perpaduan dua bahan itu juga lah yang ternyata menciptakan warna biru pada cairan sleeping oil ini. Walau memang dijelaskan juga pada kemasan, bahwa terdapat  CI 61565 (Green 6) dan CI 60725 (Violet 2) sebagai tambahan pewarna untuk produk ini. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan produk yang mengandung pewarna, maka Cosmo rasa ada baiknya untuk menghindari Luna dan mencari alternaif lain untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

     

    Sebelum mencoba Sunday Riley Luna Sleeping Oil, ada baiknya untuk mengingat beberapa poin di bawah ini:

    • Awali penggunaan dengan waktu yang bertahap agar kulit beradaptasi. Coba gunakan setiap dua hari sekali selama satu minggu sebelum Anda menggunakannya setiap hari atau selama 5-6 kali seminggu.
    • Aplikasikan pada telapak tangan, gosok hingga hangat, lalu tekan halus pada seluruh bagian wajah hingga meresap dengan baik. Tunggu 5-10 menit jika ingin mengaplikasikan skincare lain sebelum tidur.
    • Jangan lupa beri hidrasi maksimal dengan cara mengaplikasikan hydrate serum dan mengonsumsi air mineral di siang hari agar kulit tidak menjadi terlalu kering akibat efek mild peeling yang mungkin muncul.

    Baca Juga: 



    6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Retinol

    5 Info Penting Soal Retinol yang Perlu Diketahui

    6 Produk Kecantikan Anti-Mainstream

    7 Produk Antiaging Terbaik Versi Cosmo!

    Mitos Tentang Anti-Aging, Benar atau Salah?