Better You

Simak Lebih Dalam Dampak Buruk Stres Pada Tubuh

  by: Redaksi       20/8/2016
  • Bukan hanya secara mental melainkan fisik Anda juga dapat terganggu saat mengalami stres. Jangan biarkan hal ini berlangsung berkepanjangan dalam diri Anda, segera kenali gejala dan dampaknya yang mengganggu kesehatan tubuh Anda.

    Sakit Kepala

    Gejala umum yang kerap dialam adalah menegangnya saraf otot di leher dan kulit kepala. Hal ini yang akan menyebabkan rasa nyeri di sekitar kepala dan leher hingga menyebbkan hari Anda terasa lebih berat dari biasanya.



    Nyeri di Dada

    Kendati identik dengan gejala yang serius (penyakit jantung), Anda kerap tak menyadari jika ini merupakan salah satu dampak dari stres berkepanjangan yang Anda diamkan.

    Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

    Banyaknya tekanan pekerjaan dan rasa lelah kerap menjadi cikal bakal stres melanda. Dalam keadaan ini otot tubuh Anda menegang dan menimbulkan rasa sakit di sekitar leher, pundak, dan punggung. Penyebabnya tak lain karena keadaan otak yang lelah seakan mengirmkan sugesti rasa sakit pada tubuh Anda.

    Sakit di Sekitar Pencernaan

    Sakit perut, mual, muntah, hingga diare menjadi gejala mudah lainnya yang bisa diidentifikasian seseorang megalami stres. Sistem pencernaan Anda adalah bagian yang sangat sensitif dan penuh dengan saraf juga punya koneksi yang kuat dengan otak Anda. Tak heran jika otak dipenuhi pikiran, area ini kerap menjadi sasaran utama stres Anda.

    Jerawat dan Penyakit Kulit



    Memang tak ada penelitian mendalam yang mengaitkan hal ini, tapi buka jadi hal baru jika jerawat kerap muncul sesaat Anda menjelang presentasi proyek besar. Begitupun kondisi kulit yang tidak prima (seperti gatal atau ruam dibeberapa bagian) saat tumpukkan pekerjaan juga hal lain mengunci pikiran Anda hingga merasa stres. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA:

    Wow, Stres Ternyata Bisa Memacu Daya Ingat Anda!

    Cara Jitu Mengatasi Stres

    Waspada Freizeitstress - Atau Stres Saat Libur!

    Belum Dapat Pekerjaan? Jangan Stres!