Better You

Perubahan Gaya Hidup yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

  by: RedaksiCosmopolitan       21/8/2016
  • Kesehatan tubuh Anda adalah faktor penting yang perlu mendapatkan perhatan ekstra. Tak terkecuali fungsi organ reproduksi wanita yang rentan dengan masalah kesuburan. Agar hal tersebut tak terjadi pada Anda, coba simak gaya hidup sehat ala Cosmo berikut.

    Atur Berat Badan

    Bukan perihal bentuk tubuh ideal bak seorang model, melainkan proporsi tubuh dan kebutuhan yang cukup disesuaikan dengan tubuh Anda. Pada wanita yang kelebihan berat badan akan memproduksi hormon androgens, estrogen, dan insulin berlebih yang mmpengaruhi ovarium dalam memproduksi sel telur. Sebaliknya bagi Anda yang kekurangan berat badan, produksi leptin yang terlalu rendah hingga tak ada cukup lemak yang tersedia untuk bantu proses reproduksi. So, mulai sekarang jadwalkan diri untuk olahraga dan mengatur pola makan yang sehat ya, dear!



    Kurangi Penggunaan Lubrikan

    Pelumas buatan memang mampu buat sesi bercinta kian memanas. Tapi dampak lain yang ditimbulkan adalah mampu menggangu pH normal di area Miss Cheerful juga menghambat kemampuan gerak sperma yang tentunya mengganggu kualitas baik kedua organ intim Anda dan tidak baik digunakan bagi Anda yang tengah dalam program hamil.

    Perbanyak Relaksasi

    Saat Anda dalam keadaan stres atau depresi, kesehatan tubuh secara tidak sadar akan menurun. Hal ini berpengaruh pula pada pembentukkan hormon baik dan fungsi organ-organ dalam tubuh Anda. Selalu ciptakan mome untuk bersantai agar pikiran dan tubuh Anda terbebas dari stres dan lebih relaks.

    Perhatikan Keadaan Lingkungan Sekitar Anda

    Menjaga kebersihan, menghindari polusi, dan makanan yang Anda konsumsi amat penting dalam menjaga imun dalam tubuh. Dalam keadaan baik, imun sangat berpengaruh pada sirkulasi normal menstruasi Anda yang menjadi langkah awal menjaga organ reproduksi bekerja dengan baik.

    Hindari Konsumsi Lemak Tak Jenuh

    Jenis makanan ini akan buat tubuh Anda sulit bereaksi terhadap insulin yang menyebabkan ovulasi tidak teratur. Ini menjadi salah satu penyebab infertilitas bagi sebagian wanita. So, coba untuk lebih bijak daam mengatur makanan yang Anda konsumsi ya, ladies!



    Bantu Dengan Temukan Posisi Bercinta Yang Tepat

    Semakin lama Anda bisa menjaga sperma berada dalam leher rahim di satu kesempatan bercinta dengan pasangan, memberikan kesempatan lebih banyak untuk membuahi sel telur. Bagi wanita, posisi dan bentuk rahim berbeda-beda, kenali posisi yang tepat buat Anda untuk menjaga air mani masuk dan bertahan lama di tempat yang sesuai.  (Irfina Indriyani / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA: 

    Fakta Mengenai Fertilitas yang Harus Diketahui Wanita

    Mitos Seputar Kesuburan (+ Faktanya!)

    Mitos Seputar Kesuburan (+ Faktanya!) Part 2

    Cara Meningkatkan Kualitas Sperma