Lifestyle

Melbourne Kota Jadi Paling Layak Huni di Dunia

  by: Redaksi       21/8/2016
  • Dari 140 kota besar di dunia, Melbourne ternyata dinobatkan sebagai kota yang paling layak huni di dunia tahun 2016. Data ini didapatkan dari Global Liveability Index yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit’s (EIU). Dalam data tersebut disebutkan jika dari 140 kota di seluruh dunia, Melbourne memiliki nilai tertinggi untuk stabilitas, pelayanan kesehatan, budaya, lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur. Terlebih lagi untuk aspek layanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur Melbourne meraih nilai sempurna.

    “Sekali lagi kami berhasil mengalahkan beberapa negara terbaik di dunia dalam hal layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, budaya, lingkungan dan olahraga. Kami memiliki semuanya dan yang terbaik untuk semua orang,” ungkap Daniel Andrews, Perdana Menteri Negara Bagian Victoria, Melbourne. Tak hanya enam aspek tadi yang menjadi nilai plus dari Melbourne. Kuliner di kota ini juga sudah diakui dunia dengan ditunjuknya Ibu Kota Victoria ini sebagai tuan rumah acara paling bergengsi di dunia kuliner, penghargaan 50 Restoran Terbaik Dunia untuk tahun 2017. Fyi, Melbourne merupakan satu-satunya kota selain London yang menjadi tuan rumah seremoninya selama ini.



    Kota asal aktris Cate Blanchett ini juga terkenal sebagai pusat kebudayaan, perbelanjaan, festival, fesyen, musik dan kehidupan malam di Australia serta keunikannya akan lorong-lorong, taman, seni jalanan, kebun dan komunitas kreatif. “Kami memiliki Australian Open, the Formula 1 Australian Grand Prix, the Spring Racing Carnival – dan masih banyak lagi. Ini adalah bukti bahwa tidak ada kota di dunia seperti Melbourne,” tambah Daniel.

    Selama enam tahun, kunjungan wisatawan manca Negara ke Melbourne merupakan yang tertinggi di Australia, dengan peningkatan sebanyak 9.2% pertahunnya. Sementara untuk wisatawan domestic, hingga akhir Maret 2016, kenaikan sudah mencapai 3.4% atau 8.3 juta pengunjung. Statistik ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan rata-rata secara nasional.

    Ibu kota dari negara bagian Victoria ini juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat dan memimpin dalam hal pertumbuhan lapangan pekerjaan di Australia dimana pada akhir Juni 2016, Melbourne telah membuka 110,000 lapangan pekerjaan baru. Dalam pertumbuhan usaha kecil menengah, Melbourne berada pada posisi terdepan dengan membuka 9,000 peluang bagi usaha baru dalam 12 bulan terakhir dan berhasil mengalahkan negara bagian Australia lainnya dalam hal pariwisata. So, berniat untuk mencicipi tinggal di kota ini, dear(Vidi Prima / VP / Image: doc. Edelman)

     



    BACA JUGA: 

    10 Kota Terbaik Untuk Bertemu Pria Saat Liburan

    5 Chinatown Terbaik di Dunia

    Keuntungan Menggunakan Travel Agent

    Trik Menjadi Travel Fotografer