Beauty

12 Cara Mudah Atasi Jerawat di Punggung!

  by: Arinda Christy       23/8/2016
  • Selain di wajah, jerawat bisa saja muncul di bagian tubuh lainnya termasuk punggung dan biasa disebut juga dengan backne. Karena area ini lebih sukar untuk dicapai, tentu tak sedikit orang yang dibuat resah akibat kehadirannya terutama kaum Hawa yang ingin mengenakan bikini terbarunya ke pantai. Apakah Anda salah satunya? Baca terus artikel Cosmo!

    (Melur Pinilih/AC/Foto: Dubova/ShutterStock/ClickPhotos)

     



    1. Oleskan obat jerawat yang mengandung komposisi tepat seperti benzoyl peroxide atau asam salisilat.

    2. Bagaimana jika Anda ingin mengatasinya menggunakan sabun pencuci wajah untuk mengatasi jerawat? Bisa! Tapi pastikan facial foam Anda mengandung salycilic acid di dalamnya.

    3. Sebisa mungkin selalu pastikan Anda menggunakan baju yang bersih dan terbuat dari katun atau material lain yang mempermudah kulit untuk bernapas. Hal yang harus dihindari adalah menggunakan pakaian ketat dengan bahan sintetis yang akan menahan keringat sehingga mempermudah jerawat untuk muncul.

    4. 2-3 kali seminggu gunakan produk yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid)  untuk mengangkat sel kulit mati dan  menghindari tersumbatnya pori-pori kulit. Jika Anda tidak menemukan produk perawatan tubuh yang mengandung AHA, maka coba aplikasikan acid toner yang biasa digunakan untuk wajah Anda pada area punggung yang sering muncul jerawat. 

    5. Jaga kebersihan semaksimal mungkin. Hal ini termasuk mengganti sprai dan handuk dengan lebih teratur setiap minggu. 

    6. Atas petunjuk dokter, konsumsi obat minum atau antibiotik yang ampuh dan sesuai sebagai pengobatan backne.

    7. Backne dapat pula disebabkan karena kulit Anda tergolong sensitif terhadap deterjen atau pelembut tertentu. Solusinya, ganti produk-produk tersebut dengan sabun cuci khusus bayi.

    8. Saat Anda berkeringat atau usai berolahraga, misalnya, segera mandi dengan cairan antiseptik dan ganti pakaian Anda dengan yang bersih.

    9. Tiap sehabis mandi, tepuk-tepuk punggung dan seluruh badan dengan handuk sampai betul-betul kering sebelum mengaplikasikan bedak atau semacamnya. Jangan dulu mengoleskan lotion karena dikhawatirkan akan memperburuk backne.

    10. Agar tidak memperparah kondisinya, untuk sementara kenakan baju atasan yang longgar agar tidak bergesekan dengan backne tersebut.



    11. Backne memang pada umumnya berukuran lebih kecil daripada jerawat di wajah namun hindari menggaruk atau memecahkannya karena berpotensi menimbulkan keloid!

    12. Last but not least, kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena akan membuat kesehatan kulit semakin terganggu. Sebagai contoh, ganti cemilan donat Anda saat sore hari dengan buah-buahan segar seperti apel, kiwi, strawberry, dan lain sebagainya.

     

    Baca juga:

    Tampil Seksi Tanpa Jerawat Di Punggung

    4 Cara Tepat Menutupi Jerawat

    Rahasia Punggung Mulus Bebas Jerawat!

    5 Masker Wash Off untuk Kulit Berjerawat

    Simak Lebih Dalam Dampak Buruk Stres Pada Tubuh