Beauty

Perawatan Natural Wajah Bebas Jerawat

  by: Redaksi       21/8/2016
  • Selain harus “bersahabat” dengan mood yang naik-turun, nyeri akibat kram perut,  jerawat juga kerap muncul saat siklus datang bulan akan tiba. Ugh.. mengganggu! Tenang, Cosmo akan berbagi rahasia perawatan untuk mengusirnya. Psst... semuanya bisa Anda lakukan di rumah! (Muhtar Rais/AC/Image: Maridav/ShutterStock/ClickPhotos)

    Madu dan Kayu Manis
    Campurkan madu dan kayu manis dengan porsi masing-masing satu sendok makan, lalu oleskan merata di area wajah Anda yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 15-20 menit sampai agak mengering. Setelahnya, Anda bisa membilas wajah menggunakan air hangat sambil melakukan pemijatan lembut dengan gerakan berputar. Kayu manis ini dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit, sekaligus sebagai anti peradangan untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

    Lemon dan Bawang Putih
    Untuk mengatasi jerawat mengganggu, kemampuan citric acid pada buah lemon yang bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta sisa kotoran pada permukaan kulit ini bisa dikombinasikan dengan khasiat bawang putih yang dapat membersihkan bakteri jahat di dalam pori-pori kulit Anda. Caranya, potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian, lalu tempelkan di bagian yang berjerawat. Cukup diamkan sebentar saja, setelahnya oleskan bagian tersebut dengan lemon. Efeknya memang akan terasa sedikit gatal, karena kedua bahan tersebut sedang bereaksi melawan bakteri penyebab jerawat. Namun, hindari untuk menggaruk bagian yang terasa gatal tersebut. Setelah itu baru bilas wajah menggunakan air hangat.



    Tomat
    Selain dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan mata, tomat juga baik untuk menghilangkan komedo dan mengatasi jerawat. Cukup iris tomat menjadi dua bagian, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15-60 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat.



    Olive Oil dan Brown Sugar
    Cara yang satu ini bisa Anda terapkan seperti halnya melakukan scrubbing pada wajah. Campurkan ¼ cangkir minyak zitun dan brown sugar hingga halus, lalu oleskan di bagian wajah yang berjerawat. Setelahnya bilas dengan air hangat. Poin plusnya, campuran kedua bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah dan kering, lho