Better You

Trik Tetap Segar Walaupun Kekurangan Tidur

  by: Sky Drupadi       1/8/2017
  • Pasti rasanya berat menjalani hari jika pada malam sebelumnya Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Entah Anda habis mengejar deadline, ataupun menonton ketertinggalan acara TV favorit (sudah nonton Game of Thrones terbaru belum?) Apapun alasannya, rasa kantuk tersebut bisa dilawan dengan lima trik berikut. Wake up, dear!

     

    Food is Your Friend



    Saat kurang tidur, tubuh akan menghemat energi dan membuat Anda tidak nafsu makan. Tapi bukan berarti Anda harus menuruti "permintaan" tubuh tersebut. Paksakan diri untuk mengikuti jam makan Anda dan jangan lupa: minum banyak air putih. Hey, jangan asal makan ya, ladies. Hindari junk food dan cemilan yang hanya berisi angin. Makanan tidak sehat tersebut justru akan makin menguras energi Anda.  

     

    [ BACA JUGA: 5 Trik Simpel Untuk Terus Bahagia ]

     

    Step Into The Light

    Rasa kantuk muncul karena tubuh Anda mengeluarkan hormon melatonin yang biasanya diproduksi pada malam hari atau saat Anda mematikan lampu. Saat terekspos matahari, tubuh Anda berhenti menghasilkan zat tersebut. Jadi, hindari ruangan gelap dan hangatkan tubuh dengan cahaya matahari. #science!

     

    Get Some Power Nap



    Jangan meremehkan kekuatan power nap. Walaupun tidak ada yang bisa menggantikan waktu tidur Anda di malam hari (not even coffee...), tidur selama 15-20 cukup untuk memberikan Anda energi tambahan. Psst, curi saja waktu tidur saat sedang jam istirahat di kantor.

     

    [ BACA JUGA: 5 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda ]

     

    Don't Avoid Exercise

    Menghindari olahraga saat merasa lelah terdengar masuk akal. Tapi sebenarnya, olahraga bisa memberikan energi dan menghilangkan rasa letih. Selipkan waktu untuk melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari. Anda akan merasa lebih kuat walaupun malam sebelumnya tidak cukup tidur. Tentu saja jangan memaksakan diri dengan mengangkat beban atau treadmill sejam penuh. Stretching pun termasuk olahraga, lho!

     

    Look Good, Feel Good

    Beri kerja visual untuk otak. Caranya, gunakan pakaian cantik bak akan berjalan dalam fashion show dan pakai makeup seperti akan pergi berkencan. Saat Anda berkaca dan melihat tampilan yang segar, otak akan terkecoh: "hmm, wanita cantik itu tidak tampak ngantuk!" Voila! Mata Anda tidak akan terasa berat lagi. It works! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. djile / shutterstock / clickphotos)