Career

5 Pencapaian "Kecil" di Kantor yang Patut Dibanggakan

  by: Sky Drupadi       3/8/2017
  • Bekerja setiap hari dari jam 9 pagi sampai 6 sore kadang bisa "memanggang" otak. Kerja keras baru terbayarkan ketika gaji Anda masuk ke rekening tabungan. Tapi merayakan usaha Anda tidak perlu menunggu akhir bulan, lho. Beberapa pencapaian "kecil" berikut juga patut Anda banggakan. Jadi, jangan letih dan lesu. Berikan diri Anda sebuah pujian jika hal ini terjadi:

     

    Mengerjakan Tugas Tanpa Bertanya



    Memang benar, malu bertanya sesat di jalan. Apalagi jika kita diberikan tanggung jawab baru yang belum dipahami sepenuhnya. Maka dari itu, rasanya menyenangkan ketika Anda berhasil menyelesaikan satu tugas tanpa melontarkan pertanyaan pada rekan kerja.

    "Saya harus kirim dokumen ke mana?"
    "Bagaimana cara mengakses data tersebut?"
    "Seperti apa contoh yang diinginkan bos?"

    Bukan soal tugas saja, hal lain seperti tempat penyimpanan kertas, gelas kosong, atau error pada komputer pun juga termasuk. Ketika Anda dihadapi dengan suatu problem, Anda mampu menyelesaikan sendiri. Artinya, Anda percaya diri dan mulai menguasai pekerjaan tersebut di tangan Anda.

     

    [ BACA JUGA: Stres Dengan Kehidupan Kantor? Lakukan Ini! ]

     

    Waktu Berlalu Dengan Cepat

    Kadang ada masanya, hari berjalan dengan sangat lamban sampai-sampai Anda bisa mendengar bunyi detik jam di tembok. Namun pada suatu hari, Anda sibuk mengetik dan menengok ke layar handphone. Wah, sudah jam 17.30! Where did the time go? Tanpa sadar, Anda terjun ke dalam pekerjaan dan menikmati tiap prosesnya. Itulah alasan Anda tidak merasakan waktu berlalu. Pulang dan rayakanlah dengan sepiring dessert yang manis.

     

    Move On Dari Kesalahan



    Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setelah bekerja cukup lama, PASTI Anda akan melakukan setidaknya satu kesalahan. Klien kadang memarahi Anda, bos pun ikut menegur, dan sisa hari ini dilalui dengan bad mood. Setelah melalui hal tersebut, wajar saja jika Anda merasa ada tekanan untuk bekerja lebih baik lagi. Anda jadi takut menatap mata si bos atau bercanda gurau dengan rekan sebangku.

    Don't worry dear, hari akan kembali normal, kok. Percaya diri Anda akan meningkat, begitu juga dengan performa Anda. Berikutnya, Anda jadi makin mahir dalam menghindari kesalahan yang sama. When that time comes, jangan malu untuk memberi diri Anda sebuah tepukan tangan yang meriah. You did it!

     

    [ BACA JUGA: Cara Membuat Mata Tetap Melek di Kantor (Tanpa Kopi) ]

     

    Tertawa Bersama Rekan Kantor

    Yes, pekerjaan Anda merupakan hal yang serius. Tapi tidak setiap hari Anda harus mengerutkan dahi, lho. Kadang, untuk melepas stres, perlu ada hiburan di tengah jam kantor bersama teman-teman. Mungkin ada yang melontarkan lawakan konyol, menemukan video lucu di YouTube, atau ada yang terpeleset di depan Anda. Untuk lima menit saja, kantor Anda berubah jadi playground yang bebas dari beban. Rekan kantor beralih menjadi teman dekat. Momen inilah yang mengingatkan bahwa keseharian Anda bukan demi uang saja.

     

    Anda Menjadi Sang Guru

    Setelah lama bekerja, bertanya, dan belajar, kadang bisa lupa bahwa Anda bukanlah newbie di kantor tersebut. Lalu, seorang pendatang baru menghampiri Anda dan meminta bantuan untuk memecahkan suatu masalah. Walaupun bukan berarti Anda adalah seorang ahli, tapi Anda merupakan orang terpercaya dan panutan bagi pegawai tersebut. Hey, Anda boleh kok mendongakkan kepala sesekali. Yuk, rayakan dengan segelas champagne. You deserve it, honey! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Outnow.ch)