Better You

8 Cara Aman & Efektif Memajukan Tanggal Haid Anda

  by: Kezia Calesta       11/8/2017
  • Apakah Anda ada rencana untuk pergi berlibur, atau mungkin ada kencan yang ditunggu-tunggu? Malas ya rasanya bila haid datang pada tanggal-tanggal tersebut. Ini dia 8 cara efektif dan aman untuk mempercepat menstruasi agar Anda bisa bersenang-senang nantinya!

     



     

    1. Seks

    Beberapa studi menyarankan bahwa seks bisa menstimulasi peredaran darah di daerah vagina, yang akan menipiskan dinding uterus dan membantu ovulasi. Oh ya, sperma si dia juga bisa membantu melunakkan serviks Anda sehingga menstruasi pun datang lebih cepat!

     

    2. Teh Jahe

    Studi membuktikan bahwa meminum 1-2 cangkir teh jahe pada hari-H bisa meningkatkan kontraksi uterus dan melancarkan siklus haid.

     

     

    ( BACA JUGA: 10 Manfaat Susu Jahe Bagi Anda )

     

    3. Pil KB

    Untuk wanita di bawah usia 35 tahun, pil kontrasepsi bisa membantu Anda merencanakan tanggal haid. Bila Anda mau menunda haid, makanlah pil KB. Untuk menstimulasi haid, tukar pil KB dengan pil placebo. Mudah, kan?

     

    4. Hindari Stres

    Bila Anda seringkali stres, tubuh pun akan terkena akibatnya – haid bisa berlangsung selama lebih dari satu minggu, atau bahkan sampai satu bulan. Coba untuk mengendalikan stres Anda dengan mengurangi waktu kerja, atau melakukan meditasi dan kelas yoga. Luangkan waktu untuk hobi dan berkumpul bersama teman-teman.

     

     



    ( BACA JUGA: Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan & Cara Menghadapinya )

     

    5. Vitamin C

    Tahukah Anda? Vitamin C meningkatkan temperatur tubuh dan produksi estrogen yang akan membantu siklus menstruasi! Dapatkan vitamin C dari sayuran dan buah seperti papaya, kiwi, jeruk, lemon, daun peterseli, tehh hijau, dan lain-lain – namun jangan lupa untuk minum lebih banyak air putih, ya.

     

    6. Nanas

    Percaya atau tidak, buah nanas bisa mempercepat datang bulan. Tambahkan buah nanas ke diet Anda dan lihat bedanya! Psst, buah nanas juga mengandung enzim bromelian yang ampuh mengurangi kram saat haid.

     

     

    ( BACA JUGA: 7 Cemilan Sehat Untuk Seks Lebih Menggairahkan )

     

    7. Olahraga

    Riset telah membuktikan bahwa wanita yang giat berolahraga memiliki level estradiol yang rendah, sebuah komponen yang menghalang siklus menstruasi yang teratur. So, dengan berolahraga, siklus Anda pun akan semakin lancar!

     

    8. Sesuaikan Diet Anda

    Hindari makanan yang banyak garam dan sodium dan gantikan dengan sayuran dan buah seperti wortel, telur, bayam, dan papaya. Makanan yang kaya akan zat carotene penting untuk melancarkan menstruasi. Daging merah dan sayuran seledri juga sangat membantu, lho.

     

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)