Better You

Mengembalikan Kebugaran dan Vitalitas Setelah Berpuasa

  by: Nungki Dwiandara       19/8/2017
  • Saat Anda berpuasa, tentunya kondisi mengalami penurunan. Efeknya adalah bentuk dan metabolisme tubuh juga mengalami perubahan. Hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak karuan. Hmm.. Untuk mengembalikan kondisi tubuh agar tetap seimbang dan kembali fit diperlukan olahraga yang teratur, makanan yang sehat, serta konsumsi vitamin yang tepat. Dear, jangan malas untuk kembali ke pola hidup sehat ya agar vitalitas tubuh Anda tetap terjaga!

     

    So dear, masih ingat sesi tanya dokter dengan tema “Kembalikan Vitalitas Tubuh Setelah Puasa” yang diadakan Cosmopolitan dan Combiphar beberapa waktu lalu? Nah, berikut Cosmo sudah merangkum 5 pertanyaan terpilih dari para Cosmo readers. Let's check these out!



     

    Q (Question) :

    Selama berpuasa, saya dan keluarga sangat menjaga sekali pola makan supaya nutrisi dan berat badan tetap terjaga. Namun, saat hari lebaran tiba kami semua justru tidak bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dan makanan bersantan menjadi makanan utama kami. Dok, bagaimana ya cara mengatur kadar kolesterol dalam tubuh? Apalagi setelah lebaran lalu, saudara saya ada yg terkena serangan strok akibat makan makanan bersantan. - Luthfakal K.

     

    DC (Dokter Carlinda) :

    Perlu diketahui, secara alami kolesterol dibentuk di dalam tubuh, terutama di hari. Banyak faktor yang dapat meningkatkan kolesterol, salah satunya adalah pola makan/ pola hidup yang tidak sehat sehingga untuk menjaga dan mengatur kadar kolesterol perlu adanya perubahan pola makan dan pola hidup. Berikut yang dapat dilakukan: 1). Mulai mengurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung lemak jauh dan lemak trans seperti daging merah, daging unggas, makanan olahan keju, makanan cepat saji, makanan bersantan, makanan dari jeroan binatang dll. 2). mulai mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung omega-3, omega-6, omega-9 seperti ikan-ikan laut, ikan salmon, ikan kembung, buah alpukat, olahan makanan dengan minyak zaitun, olahan makanan dengan minyak canola, kacang-kacangan, dll. 3). lakukan aktifitas fisik seperti jalan sehat, bersepeda, dll.

     

    Namun, hal tersebut dapat diturunkan resikonya dengan mulai hidup sehat dan menjaga pola makan sehari-hari.

     

    Q: Hai Dok, bagaimana caranya mengembalikan kebugaran tubuh yang asupan nutrisinya disesuaikan dengan golongan darah? Apakah jika saya mengonsumsi makanan yang dianjurkan sesuai golongan darah saya berefek positif terhadap kebugaran tubuh saya? Karena ada beberapa makanan seperti daging merah, telur yang saya hindari kearena tidak dianjurkan untuk golongan darah saya? - Jelita Deys

     

    DC: Secara medis, kebugaran tubuh atau dalam hal ini menjaga kesehatan tubuh yang paling utama adalah menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat. Pola makan yang disarankan adalah makanan dengan gizi seimbang baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, selama asupan nutrisi yang anda konsumsi seimbang dan sehat maka salah satu cara seperti yang anda jalani yaitu asupan disesuaikan dengan golongan darah adalah salah satu alternative untuk menjalani pola makan sehat. Namun, kembali diingatkan menjaga tubuh dan mengembalikan kebugaran tidak hanya berdasarkan pola makan saja tetapi pola hidup yang sehat misalnya cukup istirahat dengan pola tidur 6-8 jam sehari serta melakukan aktifitas fisik seperti berolaharga rutin.

     

    Q: Bagaimana cara mengatur pola makan yang benar? Saya sudah mengonsumsi sedikit nasi, namun berat badan tetap dan badan terasa lemas. Bagaimana caranya saya bisa tetap sehat namun bisa mengurangi nasi? - Fitri Wiliam



     

    DC: Secara medis, kebugaran tubuh atau dalam hal ini menjaga kesehatan tubuh yang paling utama adalah menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat. Pola makan yang disarankan adalah makanan dengan gizi seimbang baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, selama asupan nutrisi yang anda konsumsi seimbang dan sehat maka salah satu cara seperti yang anda jalani yaitu asupan disesuaikan dengan golongan darah adalah salah satu alternative untuk menjalani pola makan sehat. Namun, kembali diingatkan menjaga tubuh dan mengembalikan kebugaran tidak hanya berdasarkan pola makan saja tetapi pola hidup yang sehat misalnya cukup istirahat dengan pola tidur 6-8 jam sehari serta melakukan aktifitas fisik seperti berolaharga rutin.

     

    Q: Sesudah berpuasa 1 bulan saya jadi tidak nafsu makan di siang hari, nafsu makan saya itu baru muncul pukul 7 malam ke atas. Begitu juga dengan waktu tidur saya, saya jadi sering terbangungi di dini hari karena terbiasa bangun sahur dan itu membuat saya menjadi tidak fit ketika menjalani aktivitas saya. Jadi yang ingin saya tanyakan, bagaimana agar nafsu makan saya dan jam tidur saya kembali seperti semula? - Fauziah Nada

     

    DC: Berpuasa selama 1 bulan akan mengubah metabolisme tubuh serta perubahan ritme tubuh atau yang sering dikenal dengan ritme sirkadian yang dipengaruhi oleh pola makan dan pola tidur seseorang. Untuk mengembalikan ritme sirkadian termasuk pola makan dan pola tidur, anda perlu membiasakan tubuh anda dengan mengatur kembali jam makan dan jam tidur anda seperti biasa sebelum berpuasa agar tubuh kembali beradaptasi.

     

    Sehingga, jika anda merasa disiang hari anda kurang nafsu makan maka anda harus memaksakan diri untuk tetap makan, begitupula dengan jam tidur anda. Namun, perlu diketahui pola tidur yang tidak sehat selain karena ritme sirkadian yang berubah dapat juga disebabkan karena berbagai faktor misalnya stress, mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein, adanya pekerjaan dengan sistem shifting, dll.

     

    Oleh karena itu, untuk mengembalikan pola tidur anda perlu memperhatikan apakah ada faktor risiko lain yang menyebabkan anda terbangun atau sulit tidur. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi nafsu makan dan jam tidur anda: 1) Berusahalah untuk tetap makan pada saat jam makan (pagi, siang, dan malam) atau makan sering dengan porsi sedikit, 2) Tetap bangun seperti biasa dipagi hari sesuai dengan jam anda bangun walaupun anda tidur dengan waktu/jam yang sedikit, 3) Membatasi/menghindari konsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein di malam hari, 4) Pengelolaan stress yang baik, dll.

     

    Q: Apakah berat badan yang semakin bertambah tidak baik untuk tubuh? Haruskah dilakukan penurunan berat badan bila berat badan semakin bertambah? Penyakit apa yang timbul jika pola makan tidak teratur dan jarang berolahraga? - Oktavani Kurnia

     

    DC: Pertambahan berat badan atau penurunan berat badan baik dan buruk tergantung dari indeks massa tubuh (IMT) seseorang. Jika kategori dalam indeks massa tubuh anda termasuk dalam kategori overweight dengan pertambahan berat badan anda saat ini maka anda perlu melakukan penurunan berat badan, namun jika anda masih dalam batas normal maka penambahan berat badan anda tidak perlu dikhawatir, dan jika anda dalam kategori underweight makan penambahan berat badan anda pun perlu dilakukan sampai masuk dalam kategori normal.

    Untuk menghitung IMT diperlukan ukuran tinggi badan selain berat badan. Penghitungan IMT adalah: berat badan (dalam kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Jika anda mendapat nilai kurang dari 18 berarti anda dalam kategori underweight yang membutuhkan penambahan berat badan, jika nilai anda 18-24 berarti anda dalam batas normal, dan jika nilai lebih dari 25 berarti anda dalam kategori overweight yang membutuhkan penurunan berat badan. Mengenai penyakit yang dapat ditimbulkan karena pola makan tidak teratur dan jarang berolahraga yang paling sering terjadi adalah penyakit yang berhubungan dengan lifestyle disease misalnya peningkatan kolesterol yang berisiko terjadinya serangan jantung, hipertensi/tekanan darah tinggi, dan stroke. Selain itu juga dapat terjadi penyakit diabetes mellitus (peningkatan gula dalam darah), osteoarthritis (radang sendi), dll. (Nungki DA/SQ/image: Freepik.com)