Career

Mau Tampak Pintar? Hindari 3 Kalimat Ini Saat Bekerja

  by: Kezia Calesta       15/8/2017
  • Words have power. Bila Anda mau memberikan kesan baik ke orang lain, perhatikan cara berbicara dan pemilihan kosa kata Anda. Apalagi di lingkungan kerja – Anda tidak mau dianggap tidak profesional, kan? Simak tips Cosmo berikut dan hindari 3 perkataan negatif ini:

     



    1. “Saya Tidak Tahu”

     

    Gantikan dengan:

    • “Saya sedang belajar...”
    • “Saya ingin tahu lebih banyak tentang...”
    • “Saya tidak yakin dengan...”
    • “Saya akan mencari tahu soal...”

    Tidak ada salahnya mengaku bahwa Anda tidak tahu cara melakukan sesuatu, independent ladies. Akan tetapi, Anda bisa mengganti perkataan “saya tidak tahu” dengan kalimat-kalimat lain yang lebih positif, kan? Saat bos memberikan Anda tugas baru, Anda bisa berkata, “Saya akan mencari tahu sekarang.” Atau, bila seorang rekan kerja meminta bantuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak familiar, Anda bisa menjawab, “Saya juga ingin tahu lebih banyak soal hal tersebut. Yuk, kita pelajari sama-sama.” Masalah selesai!

     

    [ BACA JUGA: Luluhkan Hati Pria Dengan 3 Kalimat Pujian Ini ]

     

    2. “Ehmm...”

     



    Gantikan dengan:

    • Waktu jeda pendek

    Ketika bertemu dengan klien atau memberikan presentasi, apakah Anda sering menggumam “errr...” atau “ehmm...” saat sedang memikirkan kata-kata selanjutnya? Faktanya adalah, kebiasaan kecil tersebut dapat melemahkan inti perkataan yang ingin disampaikan. Ambil nafas dan jangan bicara dengan terburu-buru. Ingat, Anda tidak usah mengisi setiap detik dengan kata-kata. Gantikan kebiasaan “ehmm..” dengan waktu jeda yang pendek, dan perkataan Anda pun akan lebih berarti.

     

    [ BACA JUGA: Untuk Sukses Berbicara Depan Umum, Lakukan Ini! ]

     

    3. “Whatever

     

    Gantikan dengan:

    • “Saya minta maaf.”
    • “Terima kasih atas masukannya.”
    • Diam saja!

    Kesal kan, bila Anda sedang menasihati orang, namun pada akhirnya ia hanya menjawab “whatever” alias “terserah kamu saja, deh”? Nah, sebaiknya Anda menghindari kalimat tersebut di lingkungan kerja. Bila ada yang memberikan Anda feedback, jangan hanya mengangkat bahu dengan cuek – itu sama sekali bukan perilaku yang mencerminkan kedewasaan. Jika Anda tidak bisa menerima teguran yang diberikan, bicarakan baik-baik dan jelaskan alasan Anda. Don't walk away!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. outnow.ch)