Career

Menurut Penelitian, Ini Manfaat Punya Teman di Kantor

  by: Hana A. Devarianti       15/8/2017
  • Great news, ladies. Ternyata punya teman di kantor bukan cuma untuk menemani Anda saat jam makan siang saja. Officevibe, sebuah perusahaan yang menyediakan software untuk engagement karyawan, mengungkapkan lima hal yang juga bisa jadi alasan untuk menjaga hubungan pertemanan dengan rekan kerja Anda.

     



    Lebih Menikmati Pekerjaan

    Tidak semua orang bangun tidur dengan penuh semangat untuk bekerja. Dan kalau Anda salah seorang yang mengalaminya, punya teman di kantor bisa jadi “obat” yang manjur. Karena ternyata 70% karyawan merasa kalau pertemanan di kantor jadi elemen penting untuk kehidupan kerja yang bahagia. Yup, bertemu dan ngobrol dengan sahabat kantor bisa meningkatkan mood!

     

    Mengurangi Stres

    Bukan cuma meningkatkan mood, memiliki teman juga bisa mengurangi rasa cemas dalam bekerja. Tidak heran kalau 74% dari karyawan wanita akan menolak tawaran kerja ketika hal tersebut bisa “mengancam” hubungan dengan teman kantor. Bekerja dengan teman pasti kan terasa lebih menyenangkan.

     

    [ BACA JUGA: Mengapa Millennials Tidak Merasa Bahagia Saat Bekerja? ]

     

    Meningkatkan Rasa Peduli



    Kalau punya teman di kantor, pekerjaan bukan cuma sekedar daftar hal-hal yang harus diselesaikan. Lebih dari itu, memiliki teman membuat Anda lebih peduli dengan apa yang dikerjakan dan bagaimana perusahaan Anda dapat membawa manfaat baik bagi komunitas sekitar. Bahkan, 50% dari karyawan yang punya sahabat merasa memiliki “koneksi” dengan perusahaan mereka.

     

    Lebih Produktif

    Sesi kopi sore dengan teman kerja cuma buang-buang waktu? Hmmm, tidak juga lho. “Bersembunyi” di balik bilik meja kerja yang justru bikin Anda tidak produktif bekerja. Sebaliknya, dengan memiliki teman di kantor, Anda akan lebih mudah untuk memberi tanda “ceklis” pada to-do list. Karyawan yang memiliki teman 1,2 kali lebih mungkin untuk mengatakan kalau mereka ingin menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

     

    [ BACA JUGA: Mau Menjadi Lebih Produktif? Begini Caranya! ]

     

    Well... Menambah Teman!

    Jelas kan kalau punya teman di kantor bisa memperluas “lingkaran” pertemanan Anda. Faktanya, kantor telah mempertemukan 1/3 orang dewasa dengan sahabat mereka. Tidak heran kalau Anda sudah menyiapkan seragam bridesmaid untuk sang sahabat yang juga bekerja di perusahaan yang sama dengan Anda. How fun! (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.ch)