Better You

5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda!

  by: Hana A. Devarianti       22/8/2017
  • Tidur siang hanya untuk anak TK? Think again, ladies. Jangan takut jadi si pemalas kalau tidur siang di tengah-tengah jam kerja, para peneliti telah menemukan lima manfaat menakjubkan dari tidur siang untuk kesehatan Anda.

     

    #1: Menjaga Produktivitas



    National Sleep Foundation, sebuah organisasi non-profit Amerika Serikat yang berfokus pada penelitian dan edukasi tentang tidur, mengatakan bahwa tidur selama 20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa motorik, seperti mengetik. Dua hal penting yang Anda butuhkan untuk tetap produktif bekerja di kantor.

     

    #2 Membantu Lebih Mudah Mengingat

    Yup, power nap alias tidur siang bisa menjadi solusi untuk Anda yang pelupa. Penelitian di Harvard Medical School menemukan tidur siang, terutama jika disertai dengan bermimpi, adalah alat yang efektif untuk meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Manfaat ini bahkan tetap dapat Anda rasakan meskipun tidur siang tidak nyenyak.

     

    #3 Membuat Anda Lebih Kreatif



    Kesulitan menemukan ide untuk pitching dengan klien? Coba deh sempatkan diri untuk terlelap selama 90 menit. Menurut ahli saraf di City University of New York, tidur siang dapat meningkatkan memori “canggih” di otak yang membantu Anda berpikir lebih kreatif. Kalau tidur selama 90 menit tidak memungkinkan, tidur saja selama 12 menit. Ini sudah dapat memberikan efek positif yang sama!

     

    #4 Meningkatkan Kinerja

    Sebuah penelitian yang dilakukan pada pilot NASA mengatakan, kinerja pilot yang tidur selama 26 menit saat co-pilot bertugas dapat meningkat hingga 34%. Sedangkan, kewaspadaan mereka meningkat sampai 54%. Kabar baiknya, ini tidak hanya berlaku untuk para pilot NASA saja, tetapi juga pada Anda.

     

    #5 Memperbaiki Mood

    Memang cara paling jitu untuk memperbaiki mood adalah kencan romantis dengan si dia atau hangout bersama the girls. Akan tetapi, untuk cara “cepat” Anda bisa melakukannya dengan tidur siang. National Sleep Foundation juga mengungkapkan, tidur siang dengan durasi singkat dapat mengurangi rasa tegang. Lalu, kemudian memperbaiki suasana hati. Yeay! (Hana Devarianti/FT/Image: Stokkete/shutterstock/clickphotos)