Better You

11 Trik Hasilkan Foto Paspor yang Bagus

  by: Silvya Winny       24/8/2017
  • Foto passport Anda berlaku untuk lima tahun. Jangan sampai foto dalam kartu identitas untuk traveling keliling dunia ini, memerlihatkan wajah Anda yang kusam, berminyak, dan lusuh. Hey, sebelum foto di kantor imigrasi besok, lanjutkan membaca artikel bermanfaat ini. 

    1. Latihan Senyum Sebelumnya
    Karena Anda tidak diperkenankan memamerkan gigi indah Anda, malam sebelumnya berlatihlah bagaimana seharusnya Anda tersenyum (tanpa gigi) di depan kaca, atau foto-foto selfie di ponsel. Ingat, hanya ada satu kali klik lho untuk foto nanti.

    2. Jangan pakai sunscreen berlebihan
    Iya, sunscreen memang penting, tapi kalau kebanyakan malah membuat wajah Anda bak flash kamera alias mengilat. Pakai saja sunscreen secukupnya, lalu gunakan bedak tabur yang lebih “ramah” di kamera.



    3. Hindari lensa kontak
    Paspor foto Anda seharusnya memerlihatkan keaslian Anda, artinya Anda harus menyimpan kacamata atau lensa kontak warna-warni saat foto.

     

    [ BACA JUGA:  Ingin Berlibur Ke Luar Negeri? Unduh 6 Aplikasi Ini ]

     

    4. Bawa reflektor Anda
    Terdengar sangat niat, tapi kalau Anda punya reflektor portable, mengapa tidak? Sebelum foto, tanyakan dulu pada petugas imigrasi dengan sopan *ini kan foto untuk 5 tahun. Reflektor akan membantu menyeimbangkan pencahayaan di sekitar wajah dan menghilangkan bayangan mengganggu dari foto. Letakkan di bawah wajah Anda, sesuaikan dengan cepat, dan tahan sampai klik.

    5. Samarkan noda kemerahan dari wajah
    Saat membuat jadwal foto, pastikan riasan wajah Anda nanti terlihat baik di kamera. Baik di sini maksudnya, minus minyak, minus jerawat, dan minus noda kemerahan. Perlakukan foto ini seperti Instagram feed Anda. Bedanya, Anda tidak bisa mengedit kesalahan-kesalahan kecil. Kalau ada jerawat besar di wajah beberapa hari sebelum foto, lakukan perawatan kulit atau buat janji dengan dokter kulit langganan.

    6. Cerahkan Riasan Mata
    Sekali lagi, konter foto paspor itu bukan studio foto, yang berarti tidak ada penerangan layak untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan. Oleh sebab itu, Anda harus menanganinya seperti orang yang pro. Ada kantong mata? Pakailah undereye concealer. Belum tidur cukup? Gunakan eyeliner putih di waterline. Yup, Anda sudah menyamarkan mata lelah tanpa Photoshop!

     

    [ BACA JUGA:  7 Negara Tujuan Wisata 2017 dari Marischka Prudence ]



     

    7. Touch up sebelum foto
    Manfaatkan waktu antre Anda dengan bijak. Ketika berjarak lima orang di depan Anda, keluarkan bedak dan lakukan touch up kilat di daerah T-zone. Karena, siapa sih yang wajahnya ingin terlihat seperti bola disko di foto paspor?

    8. Bibir jangan sampai terlihat kering
    Hindari lipstik glossy atau lipstik berformula terlampau matte yang hanya membuat bibir terlihat kering, pecah-pecah dan keriput. Sebagai gantinya, pilihlah lipstik berwarna natural atau pastel.

    9. Rapikan alis Anda
    Rapikan dan isi alis dengan warna yang terlihat natural. Pastikan bentuknya tidak berlebihan, dan tidak membuat Anda menyesali bentuknya selama 5 tahun ke depan.

     

    [ BACA JUGA: 10 Spot di Melbourne yang Cantik untuk Instagram Anda ]

     

    10. Pakai blush-on
    Thanks to blush, karena dengan bantuannya kulit Anda bisa terlihat sehat dan glowing. Temukan warna perona pipi yang natural, dan pulaskan sesuai dengan bentuk wajah (bikin pipi jadi lebih tirus, mungkin). Lebih baik lagi kalau Anda tahu teknik contouring.

    11. Rapikan tampilan rambut
    Agar terlihat rapi, tundukan rambut bayi Anda dengan bantuan pomade atau hairspray. Atau, semprotkan texturing spray demi membuat ilusi volume pada rambut tipis Anda. Punya poni? Cari referensi bagaimana menjepit poni yang rapi. Cari kaca terdekat untuk melihat tampilan rambut Anda ya. (Silvya Winny / Image:  Dean Drobot / Shutterstock / Clickphotos)