Lifestyle

Karya Kreatif Indonesia 2017 Pamerkan Produk Nusantara

  by: Alvin Yoga       24/8/2017
  • Bank Indonesia kembali mengadakan Karya Kreatif Indonesia 2017 pada 18 Agustus hingga 20 Agustus 2017 kemarin di Jakarta Convention Center, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Tak hanya sekadar memamerkan dan memperkenalkan berbagai kain tradisional mulai dari batik, tenun dan songket, serta beragam produk kerajinan premium dari UMKM binaan Bank Indonesia, acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan perekonomian UMKM binaan, mendorong pariwisata, penyerapan tenaga kerja wanita sekaligus mengangkat citra budaya daerah.

    Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, pameran kali ini dilengkapi dengan berbagai kegiatan edukatif dalam bentuk talkshow dan workshop. Mulai dari talkshow bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Ekonomi Kreatif dan Maudy Koesnaedi, hingga berbagai workshop bersama Didiet Maulana selaku desainer IKAT Indonesia serta Michael Pondaag selaku Head Stylist Harper's Bazaar Indonesia dan masih banyak lagi.

    Di samping itu, acara lain yang tak kalah menarik adalah fashion show bertemakan kain nusantara oleh para desainer ternama tanah air. Sebut saja Biyan, Ardistia Dwiastri, Danjyo Hiyoji, Kleting Titis serta Jenahara Nasution dengan koleksi baju muslim modern. Seakan masih belum lengkap, dalam pameran ini juga terdapat produk makanan khas Indonesia yang bisa dinikmati para pengunjung, mulai dari berbagai produk kopi nusantara, keripik pisang, es krim berbagai rasa khas Indonesia, hingga madu dan produk olahan coklat. Berbagai kuliner siap saji seperti Gudeg Yu Jum dari Jojja, Es Sinar Garut, serta Sop Konro Maranu Makassar juga tersedia di sini.



    “Kami berharap, Karya Kreatif Indonesia dapat memberikan inspirasi, wawasan dan pengalaman bagi pengunjung, sehingga lebih mencintai produk karya anak bangsa. Selain itu, kami juga berharap Karya Kreatif Indonesia dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas dan memotivasi UMKMN untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi untuk roda perekonomian daerah,” ujar Yunita Resmi Sari, Departemen Pengembangan UMKM. Seru! Sampai ketemu lagi dalam Karya Kreatif Indonesia tahun depan.

     



    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Cosmo)