Career

Begini Cara yang Benar Menolak Tawaran Pekerjaan

  by: Hana A. Devarianti       26/8/2017
  • Jangan sembarangan menolak tawaran kerja dari sebuah perusahaan, ladies. Salah-salah ini bisa membuat hubungan Anda dengan perusahaan tersebut jadi canggung. Nah, agar hal itu tidak terjadi sebaiknya lakukan lima hal di bawah ini.

     

    Tunjukkan Apresiasi Anda



    Saat menolak tawaran kerja, beri tahu kalau Anda benar-benar berterima kasih atas tawaran tersebut. Bilang juga kalau Anda menghargai keputusan mereka untuk memilih Anda dibanding kandidat yang lain. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi yang dapat diberikan kepada sang perusahaan.

     


    [ BACA JUGA: 7 Mitos Karier yang TIDAK Boleh Dipercaya ]

     

    Segera Beri Tahu Keputusan Anda

    Jangan menunggu terlalu lama untuk memberi tahu perusahaan kalau Anda ingin menolak tawaran kerja. Ini agar sang perusahaan dapat mencari kandidat lain sebagai pengganti. Sama halnya seperti Anda, sang perusahaan juga ingin cepat move on begitu ditolak.

     

    Sebutkan Hal yang Anda Suka dari Perusahaan



    Agar hubungan Anda dan perusahaan dapat terjalin dengan baik tidak ada salahnya untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang Anda suka dari perusahaan tersebut. Misalnya saja, pengalaman positif ketika melakukan interview dengan mereka. Sehingga, sang perusahaan mengetahui kalau mereka tidak membuang-buang waktu mewawancarai Anda.

     

    [ BACA JUGA : Jangan Kembali Jika Interview Pertama Anda Seperti Ini! ]

     

    Berkata Jujur

    Tidak perlu menutup-nutupi alasan Anda menolak tawaran kerja, darling. Apapun alasan Anda menolak pekerjaan, entah karena job desc yang tidak cocok, gaji yang kurang tinggi, atau benefit yang tidak sesuai ekspektasi, sebaiknya disampaikan ke perusahaan. Hey, tidak menutup kemungkinan mereka malah memberikan tawaran baru yang sesuai dengan keinginan.

     

    Biarkan “Pintu” Terbuka

    Kalau ternyata Anda menyukai perusahaan tersebut, walaupun pekerjaan yang ditawarkan tidak cocok, mengapa tidak membiarkan “pintu” kesempatan tetap terbuka? Katakan kalau Anda berharap bisa bekerja sama dengan perusahaan di lain waktu. Ini dapat menunjukkan ketertarikan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan. (Hana Devarianti/SW/Image: )