Better You

Terbukti: Stamina Wanita Lebih Kuat Dari Pria

  by: Silvya Winny       29/8/2017
  • Bukan rahasia lagi bahwa pria terlahir berbeda daripada wanita dan memiliki fisik yang lebih kuat. Jangan salah mengira. Karena menurut penelitian, peneliti menyarankan wanita berolahraga fokus  melatih daya tahan otot untuk bisa menyamakan fisik dengan pria. Penelitian ini diungkapkan pada sebuah jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism yang belum lama ini diterbitkan.

    Dalam studi tersebut, peneliti mempelajari delapan pria dan sembilan wanita dengan tingkat usia dan level kebugaran yang sama untuk melakukan latihan yang fokus pada otot di kaki bagian belakang – otot yang paling sering digunakan setiap hari. Hasilnya, para pria dapat melakukannya lebih cepat dan bertenaga di awal. Tapi lama-kelamaan, mereka lebih cepat lelah dibandingkan wanita. Karena dalam penelitian itu, wanita justru punya daya tahan yang lebih daripada pria setelah melakukan olahraga yang fokus pada endurance.

     



    [ BACA JUGA: Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Benar ]

     

    Sudah cukup membuat Anda happy belum?

    Well, walaupun uji ketahanan ini hanya dilakukan dalam skala kecil, namun temuan dari Brian Dalton, asisten profesor di Universitas British Columbia Okanagan School of Health and Exercise Sciences ini setidaknya menunjukkan bahwa wanita dapat bertahan lebih lama dari pria dengan margin yang cukup banyak.



     

    [ BACA JUGA: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? ]

     

    Sudah squat berapa banyak Anda hari ini? (Silvya Winny / Image: Shutterstock / Clickphotos)