Lifestyle

5 Cara Efektif Jaga Handphone Tetap Bersih

  by: Sky Drupadi       30/8/2017
  • Anda menyimpannya di tas, meletakkannya di telinga, membawanya ke toilet saat sedang melakukan... ehem... “bisnis”. Setiap hari Anda memegang handphone, baik milik Anda sendiri maupun punya teman. But did you know, handphone adalah tempat berkembang biak bakteri berbahaya seperti e. coli? Sebuah penelitian dari University of London menunjukkan bahwa 80% telepon genggam memiliki lebih banyak bakteri dibandingkan gagang pintu toilet umum. Euuuw! Maka dari itu, Anda harus menjaga benda ini tetap bersih dan bebas dari bakteri. Berikut caranya:

     

    Jangan Bawa Ke Kamar Mandi



    We know, duduk di toilet tanpa memegang ponsel rasanya sangat hampa. Tidak bisa surfing Internet, buka Instagram, atau bermain game. Tapi ketahuilah, di tempat Anda buang air besar dan air kecil, bakteri PASTI akan menemukan jalan untuk menempel pada ponsel Anda. So, lebih baik jangan biarkan benda kesayangan Anda terekspos terlalu lama di kamar mandi, oke?

     

    Rajin Mencuci Tangan

    Tangan Anda yang berkontak langsung dengan ponsel. Maka, jika tangan Anda kotor, otomatis kuman akan pindah ke handphone. Lalu, kuman tersebut akan kembali ke tangan Anda, kembali ke handphone, dan seterusnya. It's never-ending. Untuk menghindari hal ini, bersihkan tangan Anda dengan air bersih dan sabun. Jika perlu, selalu siap sedia hand sanitizer di dalam tas.

     

    [ BACA JUGA: 4 Aplikasi Kesehatan yang Harus Ada di Smartphone Anda ]

     

    Microfiber is Your Friend



    Tidak seperti kacamata, boks handphone Anda tidak disertai dengan kain microfiber. Untungnya, kain microfiber sangat mudah ditemukan dan dijual di berbagai toko perkakas. Gunakan untuk membersihkan cetakan sidik jari, minyak, dan debu tanpa khawatir akan goresan pada layar ponsel. Ingat, tisu tidak bisa menggantikan kain ini karena bahannya yang cenderung kasar.

     

    Buat Cairan Pembersih

    Kain microfiber cukup untuk membersihkan layar, namun tidak akan membunuh bakteri. Untuk itu, dibutuhkan disinfektan.Ternyata, membuat cairan pembersih tidak sesusah yang Anda bayangkan, lho. Caranya, siapkan botol semprotan kecil dan isi setengahnya dengan air. Lalu, tuang alkohol gosok 70% sampai botol tersebut penuh. Ta-dah, so easy! Semprotkan sedikit pada kain microfiber, lalu lap pada seluruh permukaan handphone. Jangan lupa juga bagian belakang, tombol home, dan kamera ya, ladies.

     

    [ BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Sneakers Putih! ]

     

    Bersihkan Juga Casing Anda

    Casing bukan hanya sebagai hiasan, tapi juga menjaga telepon genggam dari bahaya retak dan gores. Namun bukan berarti casing tersebut aman dari bakteri. Selain membersihkan handphone, bersihkan juga casing Anda dari luar dan dalam. Anda juga bisa menginvestasikan casing anti bakteri yang memiliki tutup atau kancing agar handphone Anda memiliki proteksi yang ekstra. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Foxy Burrow / Shutterstock / Clickphotos)