Better You

6 Tips Tidak Gampang Sakit Saat Musim Flu

  by: Kezia Calesta       30/8/2017
  • Ingin tetap sehat saat orang-orang di sekitar Anda terkena flu? Praktikkan 6 tips profesional dari HaloDoc ini agar Anda bisa tetap fit saat musim flu melanda.

     



    1. Jaga kebersihan.

    Kunci utama untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan menjaga kebersihan Anda! Karena tangan mudah menyebarkan kuman, biasakan diri untuk sering mencuci tangan dengan air sabun selama 20 detik. Bila Anda malas mencuci tangan, virus yang menempel pun akan mudah menyebar melalui mata, hidung dan mulut. Singkirkan juga 10 benda ini untuk hidup yang lebih sehat.

     

    2. Olahraga secara rutin.

    Agar tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang flu, Anda bisa menjaga kekebalan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Saat tubuh aktif, sistem kerja alami sel Anda pun akan semakin kuat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Ini 10 alasan untuk berolahraga (meski Anda membencinya)!

     

     

    3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah.

    Sayuran dan buah yang berwarna hijau gelap, merah dan kuning sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Telur dan ikan juga mengandung protein yang esensial untuk sistem imun yang lebih baik. Bila Anda mudah lelah, ini makanan terbaik untuk Anda.

     

    4. Pastikan waktu tidur cukup.



    Dapatkan 7 hingga 9 jam tidur setiap harinya juga sangat penting untuk kesegaran tubuh, karena padatnya kegiatan dapat meningkatkan hormon stres dan membuat Anda semakin rentan terhadap flu. Ini 5 tips untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

     

     

    5. Hindari rokok.

    Bila Anda atau si dia merokok, please stop! Asap rokok dapat membuat saluran hidung menjadi kering, dan dampak negatifnya dapat mempengaruhi rambut halus di hidung dan paru-paru. Karena itu, perokok yang terkena flu akan lebih sering sakit dan lebih lama sembuh. Ini hal-hal yang bisa Anda lakukang untuk membantu pasangan berhenti merokok.

     

    [ BACA JUGA: Sering Sakit Punggung? Ini Bisa Jadi Penyebabnya! ]

     

    6. Lakukan vaksin flu.

    Cara termudah dan paling ampuh untuk terhindar dari flu? Datanglah ke dokter dan lakukan vaksin flu agar kekebalan tubuh meningkat. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, kan?

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)