Better You

7 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh Anda

  by: Hana A. Devarianti       31/8/2017
  • Menjaga metabolisme penting untuk mempersiapkan tubuh di musim pancaroba, dear. Meski kemampuan metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda, tapi ada lho makanan yang bisa mempercepat prosesnya. Yuk, simak!

     

    Advokat



    Kabar baik untuk Anda yang sering mengonsumsi avocado toast di pagi hari, karena buah yang satu ini kaya akan lemak “baik” omega-3s. Sehingga, metabolisme tubuh pun lebih cepat “bangun” dengan tetap membuat tingkat gula darah stabil. Yup, ini bisa jadi menu sarapan yang baik untuk tubuh!

     


    Seledri

    Sayuran hijau ini rendah kalori dan kaya akan zat besi juga air. Sehingga, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memprosesnya dan ini dapat mendorong metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, seledri juga berperan sebagai diuretik, alias mendorong produksi urin sehingga Anda lebih sering buang air kecil kalau mengonsumsi sayur ini.

     

    [ BACA JUGA: 5 Makanan dan Minuman untuk Payudara Sehat ]

     

    Kimchi

    Penyuka kuliner Korea pasti sudah tidak asing dengan kimchi. Makanan hasil fermentasi dengan cita rasa pedas asam ini ternyata baik untuk kesehatan lambung Anda, lho. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda akan lebih lancar buang air besar juga tidak mengalami perut kembung. Bahkan, sebuah studi menemukan kalau rajin makan kimchi bisa menurunkan kolesterol juga berat badan. Wow!

     

    Bayam

    Ada alasan mengapa Popeye selalu jadi lebih kuat setelah makan bayam. Ini karena bayam kaya akan zat besi yang bisa membantu otot membakar lemak dengan lebih cepat. Kalau Anda kurang suka dengan sayuran ini, Anda bisa menggantinya dengan kedelai kok.

     



     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan ]

     

    Protein Tanpa Lemak

    Bisa dibilang ini adalah makanan yang paling penting untuk menginkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena protein tanpa lemak bisa membangun massa otot Anda, dan semakin banyak massa otot maka akan semakin tinggi juga metabolisme tubuh. Sumber terbaik untuk protein rendah lemak adalah ayam bagian dada, kerang, kacang, edamame, dan tempe.

     

    Ikan

    Ikan adalah sumber yodium dan selenium, dua mineral yang mendukung fungsi kelenjar tiroid. Sedangkan, kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme tubuh, Jadi sepertinya bukan die yang buruk untuk makan siang sushi bersama the girls akhir pekan nanti.

     

    [ BACA JUGA: Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung Anda ]

     

    Air

    Sering dianggap sepele padahal sebenarnya penting! Sedikit saja Anda dehidrasi, metabolisme tubuh langsung terganggu. Jadi, selalu pastikan untuk menjaga hidarsi tubuh dengan minum paling tidak delapan gelas air setiap hari. (Hana Devarianti / SW / Image: Sun City / Shutterstock / Clickphotos )