Career

6 Tips Anti Pegal Ketika Bekerja Seharian di Kantor

  by: Sky Drupadi       31/8/2017
  • Duduk di kursi kantor selama 9 jam berturut-turut bisa menyebabkan pegal di seluruh badan, mulai dari ujung kaki ke jari tangan. Bagaimana sih cara menyiasatinya? Glad you asked! Baca terus ya tip Cosmo berikut ini.

     

    Pilih Kursi yang Tepat



    Bila Anda memiliki ruangan sendiri dan dapat membawa kursi pribadi, maka pintar-pintarlah memilih. Jangan gunakan kursi yang akan berikan Anda skoliosis! Kursi tersebut harus memiliki lengkungan yang sesuai dengan bentuk alami punggung. Anda pun harus mempertimbangkan kursi yang bisa diatur ketinggiannya.

    Kalau Anda harus “pasrah” dengan kursi bawaan dari kantor, masih ada cara untuk membuatnya nyaman, kok. Cukup letakkan bantal pada sandaran atau dudukan kursi agar Anda tidak merosot saat sedang bekerja. Atau... coba ajukan pada bos untuk mengganti kursi kantor. “Ini demi produktivitas saya, lho!” Berani? 

     

    [ BACA JUGA: Tipe Musik Ini Efektif Tingkatkan Produktivitas Kerja! ]

     

    Jangan Melipat Kaki

    Wanita sering melipat kakinya saat sedang duduk. Jika Anda menonton film The Princess Diaries, sang ratu menyatakan: “a proper lady NEVER crosses her legs!” Tapi bukan perihal sopan santun saja. Ternyata, melipat kaki buruk untuk sirkulasi darah dan menghimpit pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan kesemutan, pegal, dan keram. Letakkan kaki Anda pada permukaan lantai dan tekuk lutut agar menghasilkan sudut lebih dari 90 derajat.

     

    Atur Tinggi Monitor

    Melihat layar monitor, baik PC atau laptop, kemungkinan besar Anda membungkuk. Apalagi untuk mengetik di keyboard. Layar tersebut harus satu garis dengan mata agar Anda melihat lurus ke depan, tidak mendongakkan kepala atau membungkukkan badan. Letakkan beberapa buku di bawah layar monitor sebagai “alat” peninggi atau rendahkan kursi Anda.



     

    Lindungi Pergelangan Tangan

    Pergelangan tangan Anda terus bergerak menggunakan mouse, track pad, dan mengetik. Pergelangan Anda harus lurus dengan siku tangan, tidak bengkok. Sebaiknya, Anda gunakan sebuah sandaran untuk tangan. Beberapa mouse pad memiliki wrist rest untuk memberikan kenyamanan saat menggunakan mouse. Anda juga bisa meletakkan bantal kecil di atas meja sebagai tempat untuk mengistirahatkan tangan.

     

    [ BACA JUGA: Cara Membuat Mata Tetap Melek di Kantor (Tanpa Kopi) ]

     

    “Olahraga” Mata

    Sering merasa pusing menjelang jam pulang kantor? Bisa jadi karena Anda menatap layar monitor terlalu lama. Hal tersebut dapat memicu mata kering, buram, merah, serta iritasi. Alhasil, pusing pun melanda. Untuk menghindari hal ini, coba “segarkan” mata Anda dengan melihat keluar jendela atau melepas kacamata. Jika hari makin terik dan monitor Anda terkena pantulan cahaya, tutup gorden atau posisikan ulang monitor.

     

    Gerak!

    Hal paling penting, Anda TIDAK BOLEH berada di posisi yang sama selama berjam-jam. Boleh kok, berdiri dan bergerak sesekali. Lakukan olahraga kecil yang bisa Anda lakukan dari kursi. Misalnya stretching tangan, memutar pergelangan kaki dan kepala, atau berdiri untuk meluruskan kaki. Badan tetap segar, pekerjaan jadi cepat selesai deh! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Shutterstock / Clickphotos)