Career

Cara Mudah dan Cepat Menabung Jutaan Untuk Liburan

  by: Alvin Yoga       31/8/2017
  • Ingin berlibur ke luar negeri di akhir tahun namun tabungan masih tipis? Tenang dear, Anda masih punya beberapa bulan untuk mengumpulkan uang. Baca tips berikut ini!

     

    Clothing Swap



    Menurut Ashley Feinstein Gerstley, pendiri The Fiscal Femme – sebuah kantor konsultan keuangan, shopping adalah salah satu cara terbaik (dan termudah!) untuk menghabiskan tabungan Anda. Berencana untuk ke mal akhir pekan ini? Atau terpikir untuk membuka website online shopping favorit Anda? Eits, tunggu dulu ladies. Dibanding Anda menghabiskan ratusan ribu untuk pakaian baru, mengapa tidak mencoba untuk bertukar pakaian bersama the girls? Mungkin saja ada beberapa pakaian layak pakai yang bosan Anda gunakan namun teman Anda ingin memilikinya, begitu juga sebaliknya. Selain bisa menghemat uang, kegiatan ini juga seru, lho!

     

    Look At Your Kitchen

    Semisal, Anda tahu betul bahwa masker favorit Anda menggunakan stroberi dan timun sebagai bahan utamanya. Dibanding terus menerus membeli masker tersebut di toko, sesekali tak ada salahnya untuk mencoba membuat masker Anda sendiri. Bahannya mudah didapat, dan harganya pun lebih murah. Malas membuatnya? Singkirkan rasa malas Anda dengan mengingat bahwa waktu liburan Anda sudah di depan mata.

     

    Use What You Have

    Ya, ya, ya. Lipstik baru tersebut memang sangat menggiurkan. Warnanya sangat menarik dan cocok dengan warna kulit Anda. Terpikir untuk membelinya? Tunggu dulu, ingatkah Anda dengan delapan lipstik lainnya yang masih tersimpan rapi di tas kosmetik? Jangan mudah tergoda hanya karena Anda menyukainya ketika mencoba. Jika terus seperti itu, Anda tidak akan bisa menabung untuk berlibur. Tantang diri Anda untuk tidak membeli lipstik baru sampai selesai berlibur nanti. Jika merasa sulit, jangan ragu minta tolong the girls untuk mengingatkan.

     

    [ BACA JUGA: Kesalahan Menabung yang Harus Anda Hindari ]

     

    Bring Your Own Lunch

    Menurut survey yang dilakukan oleh Visa pada tahun 2015, mereka yang tidak membawa bekal rata-rata bisa menghabiskan sekitar Rp40.000.000,- setahun untuk makan siang. Sedangkan mereka yang rajin membawa makan siang hanya menghabiskan sekitar Rp15.800.000,- setahun. Sering makan malam di luar? Uh-oh, bahkan menurut Visa, biaya yang Anda keluarkan untuk makan malam di luar lebih mahal dibandingkan harga makan siang. Mulai saat ini, jangan malas untuk membawa bekal sendiri, atau batasi budget makan siang Anda agar bisa menabung.

     

    Make Your Own Coffee At Work

    Menurut survei yang dilakukan Visa, rata-rata orang menghabiskan sekitar Rp16.000.000,- setahun hanya untuk membeli kopi. Wow! Padahal jumlah uang tersebut bisa Anda gunakan sebagai tabungan liburan, lho! Mulai sekarang, cari tahu produk kopi yang sesuai dengan selera Anda dan jangan ragu untuk membuat kopi Anda sendiri di kantor.

     

    Look At Your Gym Membership

    Kecuali Anda memang rutin datang ke gym, pikir kembali soal membership Anda. Dibanding membayar ratusan ribu setiap bulannya untuk sesuatu yang jarang Anda gunakan, mengapa tidak mencoba untuk ikut komunitas olahraga yang tidak memungut biaya? Semisal, di Jakarta ada komunitas Workout Embassy yang rutin mengadakan kelas workout hingga empat kali seminggu jika Anda berminat. Kelasnya tentu saja gratis, plus Anda juga tidak perlu membayar iuran membership tiap bulannya. Menabung itu mudah, kan?

     

    [ BACA JUGA: 5 Hal Ini Gagalkan Niat Menabung Anda ]

     

    Automate Your Savings

    Perhatikan kembali cara Anda menabung. Jika Anda menabung dengan memanfaatkan sisa uang Anda setiap bulannya, maka cara menabung Anda masih kurang tepat. Biasakan untuk menabung tepat setelah Anda menerima gaji setiap bulannya. Setelah dipotong dengan biaya iuran dan kartu kredit, langsung sisihkan uang Anda untuk disimpan. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki target tertentu untuk menabung. Semisal, jika Anda ingin menabung Rp10.000.000,- dalam empat bulan, maka pastikan bahwa Anda menyisihkan Rp625.000,- setiap minggunya. Tanpa disadari, target ini akan membantu Anda mengatur keadaan keuangan setiap minggunya, lho!



     

    Plan Your Fun Dates!

    Ladies, romance doesn't have to cost millions. Dibanding menghabiskan uang untuk (lagi-lagi) makan malam di restoran mewah (duh!), keluarkan sisi kreatif Anda! Berkeliling mengelilingi museum juga menyenangkan, dan tentunya tidak menghabiskan banyak uang. Belum lagi beberapa museum biasanya rutin mengadakan pameran sehingga Anda tidak akan bosan mengunjunginya. Atau habiskan akhir pekan Anda dengan bersantai di rumah, Anda dan si dia bisa mencoba menu masakan baru dan binge watching serial favorit. Hey, menonton ulang Game of Thrones sambil membuat popcorn sendiri sepertinya seru!

     

    [ BACA JUGA: Cek! Serasikah Anda & Si Dia Dalam Mengatur Keuangan? ]

     

    Spend In Cash

    Usahakan untuk menggunakan uang tunai ketika berbelanja. Agar Anda bisa berhemat, hitung dulu berapa jumlah pengeluaran maksimal Anda dalam seminggu, lalu ambil uang sejumlah tersebut dari akun Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fiscal Femme, menggunakan kartu kredit untuk aplikasi transportasi online atau terbiasa menyimpan kredit pada aplikasi tersebut justru membuat Anda lebih boros. Tak hanya itu, menggunakan uang tunai juga membuat Anda lebih mudah mengetahui kemana habisnya uang tersebut. Semisal, keadaan akan berbeda jika Anda ingin membeli celana jeans menggunakan uang tunai dibanding menggunakan kartu debit. Anda akan berpikir dua kali sebelum mengeluarkan beberapa lembar uang – yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk membeli bahan bekal Anda selama seminggu ke depan. Dijamin, melihat lembaran uang yang menipis akan membuat Anda bisa berhemat.

     

    Ask The Girls To Come Around

    Berencana untuk pergi ke luar bersama the girls akhir pekan ini? Mengapa tidak mengadakan potluck saja? Makan siang atau makan malam di luar bisa membuat Anda lebih boros, lho. Belum lagi biaya untuk segelas kopi atau bir di kafe selepas makan. Keluarkan sisi kreatif Anda dan ajak the girls ke apartemen.

     

    Clean Up

    Siapa sangka merapikan kamar bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang? Bluetooth headset yang tersimpan rapi di sudut lemari mungkin bisa ditawarkan di website jual-beli online. Beauty product yang belum pernah Anda pakai? Ini juga bisa menjadi tambahan uang tabungan Anda, lho. Cari barang layak pakai yang bisa Anda tawarkan dan gunakan kesempatan ini untuk menambah pundi-pundi uang.

     

    Go Commute

    Menggunakan transportasi umum jelas lebih hemat dibandingkan harus membawa kendaraan pribadi. Tak ingin bosan di perjalanan? Ada banyak cara untuk membuat perjalanan Anda jadi lebih menyenangkan. Membaca buku novel, bermain game, atau mendengarkan musik bisa menjadi opsi yang menarik.

     

    [ BACA JUGA: Tip Menabung Saat Kondisi Keuangan Memburuk ]

     

    Let Go of FOMO

    Daftar kafe dan restoran baru yang menarik untuk dikunjungi terus bertambah setiap minggunya – dan rasanya Anda ingin mendatangi semuanya untuk mempercantik akun Instagram. Oh come on, ladies. If you're feeling pinched by your social circle, try to suggest a creative alternative. Pajamas party, popcorn and binge watch, atau potluck bisa menjadi opsi yang menarik. Lagi, jangan lupa bahwa Anda bisa mempercantik akun Anda saat berlibur nanti. Remember that good things take times. Holiday? Here I come.

    (Alvin Yoga / SW / Image: Romolo Tavani / Shutterstock / Clickphotos)