Career

4 Hal Kecil yang Dapat Menghambat Karier Anda

  by: Redaksi       21/8/2017
  • Menjadi wanita karier memang banyak tantangannya. Jika tidak hati-hati, banyak hal yang bisa membuat karier Anda tidak berkembang, bahkan yang kecil sekalipun. Berikut Cosmo berikan beberapa contoh hal-hal sepele yang bisa menghambat karier.

     



     

    Bergosip

    Bergosip memang seru sih... kalau dilakukan bersama bestie saat sedang berakhir pekan. Tapi di kantor? It's very dangerous, dear. Apalagi kalau berita yang Anda sebarkan menyangkut kepentingan seseorang dan belum tentu kebenarannya. Anda juga bisa kehilangan respect dan kredibilitas di mata orang lain. Daripada mengambil risiko yang tidak perlu, lebih baik hindari bergosip di kantor ya, ladies.

     

    Bermain Mata

    Menghalalkan segala cara, termasuk juga bermain mata dengan atasan supaya mendapat promosi is a big NO, dear. Tunjukkan bahwa Anda bisa duduk di anak tangga tertinggi karena ide brilian, kerja keras, dan kemampuan, bukannya karena atribut kewanitaan yang Anda miliki. Bagaimana jika si bos atau rekan yang genit pada Anda? Tolak secara halus dan jelaskan kedudukan Anda secara profesional. Jika sudah keterlaluan, jangan ragu untuk mengadukannya pada pihak HRD. Yang penting, jangan diladeni!

     



    [ BACA JUGA: 5 Topik “Terlarang” yang Perlu Anda Bahas di Kantor ]

     

    Pengeluaran Lebih Besar Dari Pemasukan

    Oke, saat menerima gaji pertama, pasti Anda tergoda untuk berbelanja barang yang diidamkan. Namun setelah bulan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya, harusnya Anda sudah pintar mengatur keuangan. Terlilit utang bisa membuat Anda hilang konsentrasi saat bekerja dan juga membuat Anda terobsesi untuk mendapatkan uang demi melunasi hutang, bukannya bekerja untuk pengembangan karier. Lebih jauh lagi, Anda mungkin akan terjebak mengerjakan pekerjaan yang belum tentu Anda sukai. Tidak mau, kan?

     

    Menunggu Perintah

    Aha, inilah salah satu kelemahan kaum pemalas, tidak terkecuali wanita (tentunya bukan wanita Cosmo). Selalu takut untuk berinisiatif terlebih dahulu dan menunggu perintah atasan. Dear, jika ingin karier Anda berkembang pesat, tunjukan semangat kerja dan berpikirlah out of the box. Jika Anda bisa memberikan kemampuan lebih, jangan menunggu kesempatan atau perintah dari atasan untuk menunjukannya. (Amanda Utari/Sky Drupadi/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock/GIPHY)