Career

5 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

  by: Silvya Winny       24/8/2017
  • Rumah memang tempat untuk bersantai, tapi kini semakin banyak orang yang bekerja dan menjalankan usahanya dari sana. Mungkin ada pikir, "wah, enaknya bisa bangun siang, mengetik di ruang tamu, tidak perlu memikirkan jam." Namun bekerja dari rumah tak semudah kelihatannya, lho. Nah, lima tips ini bisa membuat Anda tetap produktif ketika bekerja di rumah. Diikuti ya, ladies!

     

    Buat Rutinitas Kantor



    Jangan anggap bekerja dari rumah adalah kesempatan untuk bersantai. Agar tetap produktif dan bekerja maksimal, buatlah rutinitas seperti halnya bekerja di kantor. Buatlah jam bekerja, layaknya sebuah kantor, misalnya dari jam 10:00-17:00. Bangun di waktu yang sama setiap hari, mandi, dan berpakaian. Jika Anda terbiasa berjalan-jalan di jam istirahat makan siang ketika bekerja di kantor, tinggalkan rumah sebentar dan lakukan hal yang sama setiap hari pukul 12 siang. Anda bisa pergi cari makan, atau sekedar ke taman dekat rumah untuk me-refresh pikiran.

     

    Batasi Waktu Kerja

    Terdengar kontradiktif, namun juga sangat penting. Bekerja di rumah bukan berarti Anda harus sepanjang hari mengetik. Justru, ini kebiasaan yang tidak sehat. Ikuti aturan yang telah Anda buat dalam poin pertama, terutama perihal jam kerja dan jam istirahat. Anda harus disiplin, jika tidak ini akan membuat Anda stres! Jangan sampai rumah sendiri terasa seperti penjara untuk bekerja ya, dear.

     

    Miliki Spot Khusus untuk Bekerja

    Akan lebih baik jika Anda memiliki ruangan bekerja sendiri. Bila memiliki satu kamar kosong, Anda dapat menyulap ruangan tersebut jadi "ruang kantor". Anda pun bisa menggunakan salah satu spot favorit di rumah menjadi meja kerja. Misalnya, menggunakan meja makan ketika jam kerja, lalu jika sudah selesai kembalikan fungsinya seperti sedia kala. Atau Anda juga bisa merancang satu sudut di rumah dengan mencari inspirasi dari Pinterest. Yang penting, jangan jadikan kasur sebagai tempat bekerja, ya. Walaupun ini memang spot favorit kebanyakan orang, bisa jadi Anda malah tertidur pulas!

     



    Jangan Kenakan Piyama

    Memang, tidak ada kode etik pakaian saat berada di rumah sendiri. Tapi bukan berarti Anda bisa mengenakan piama sepanjang hari kan? Sekali-sekali memang tak apa, tetapi percayalah, Anda akan lebih produktif jika berpakaian yang lebih rapi. Jika terus mengenakan piyama, suasana hati Anda akan ngantuk, lemas, dan loyo. Tidak ada salahnya kok berdandan sedikit walaupun di rumah. 

     

    Buat Rencana Hangout

    Bekerja di tempat yang sama Anda tidur, makan, dan mandi pasti akan cepat memicu rasa jenuh. Untuk menghindari hal ini, rencanakan hangout bersama si dia atau the girls untuk nonton bioskop, ke cafe, atau berpesta. Selain itu, Anda juga bisa sekadar work out di luar rumah untuk mengusir penat.

     

    Hargai Diri Anda

    Ketika Anda berhasil mencapai target dan telah melalui pekan yang produktif, beri reward pada diri sendiri atas kerja keras yang tidak sia-sia. Misalnya makan di restoran favorit usai bekerja. Oh ya, ajak juga the girls agar makin seru. (Soca Massardi/Sky Drupadi/VP/Image: Outnow.ch)