Better You

8 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan

  by: Kezia Calesta       3/8/2018
  • Siapa bilang semua wanita ingin tubuh yang kurus? Ada juga tipe wanita yang ingin menaikkan berat badan untuk terlihat lebih fit dan curvy, and that’s perfectly fine! Ladies, jika ingin berat badan bertambah, berikut adalah 8 makanan sehat yang dapat membantu kamu mencapai body goals.


    1. Susu

    Selama puluhan tahun, susu telah digunakan untuk menaikkan berat badan dan massa otot. Dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak baik, dan kalsium, susu dapat membantu pertumbuhan otot saat digabungkan dengan olahraga angkat beban. So, minumlah segelas susu saat ingin mengemil atau setelah menyantap makanan berat!




    2. Nasi

    Apakah kamu makan nasi setiap hari? Meskipun rendah lemak, 1 cup (165 g) nasi mengandung 190 kalori dan 43 g karbohidrat yang bisa mengisi perut dengan efektif. Maka dari itu, tambahkan nasi ke dalam diet sehari-hari jika kamu mudah lapar.


    3. Daging Merah

    Daging merah merupakan salah satu sumber dietary creatine terbaik yang efektif untuk pertumbuhan otot. Selain itu, steak seberat 170 gram juga mengandung 3 gram amino acid bernama leucine yang dibutuhkan tubuh untuk menstimulasi sintesis protein otot, lho. Ingin kalori tambahan? Pilihlah bagian daging yang lebih berlemak!


    4. Kacang-kacangan

    Ingin camilan sehat yang bisa menambahkan berat badan? Satu genggam kacang almond mengandung lebih dari 7 gram protein dan 18 gram lemak baik. Dengan mengemil dua genggam kacang almond setiap hari, kamu pun akan menambahkan kalori yang bermanfaat untuk kenaikan berat badan!


    5. Kentang dan Makanan Bertepung

    Nope, maksud Cosmo bukan kentang goreng dan ayam goreng tepung! Untuk pilihan yang sehat, kamu bisa menyantap havermut, jagung, kentang atau ubi rebus, dan quinoa. Makanan tersebut tidak hanya membantu kamu menaikkan berat badan, tetapi juga menambahkan simpanan glikogen otot yang merupakan sumber energi untuk beraktivitas.




    6. Salmon

    Seperti daging merah, ikan salmon sangat kaya akan protein, omega-3 dan lemak baik yang penting untuk kesehatan tubuh. Salmon fillet seberat 170 gram dapat menambahkan 350 kalori ke dalam tubuh kamu, lho.


    7. Buah Kering

    Selain lezat, camilan berkalori tinggi ini menyediakan antioksidan, serat dan mikronutrien untuk tubuh kamu, lho. Karena kadar gulanya juga tinggi, buah kering tidak ideal untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Maka jika kamu ingin berat badan bertambah, stack up on dried fruits!


    8. Avokad

    Buah avokad (atau alpukat) sangat kaya dengan lemak baik yang sehat! Tahukah kamu bahwa satu buah avokad yang besar mengandung 322 kalori dan 29 gram lemak? Tambahkan irisan buah hijau ini ke atas roti panggang kamu atau omelet. Yummy!


    (Image: doc. puhhha©123RF.com)