Lifestyle

Deretan Performances & Creative Talk di ART Jakarta!

  by: Redaksi       2/8/2018
  • Selain menikmati indahnya karya seni yang ada di ART Jakarta, kamu bisa memanfaatkan kehadiranmu untuk menikmati pertunjukan dan obrolan seru seputar dunia seni. Yup! Kali ini Cosmo akan memberitahu deretan performances & creative talk seru yang akan diselenggarakan di ART Jakarta. Curious much? Well, daripada menduga-duga, lebih baik simak deretan ini ya!

     

    Jumat, 3 Agustus 2018

    1.    Creative Talk by Pujangga Rahseta: Art in Music Composition
    Sebagai Electronic Musician/Label Founder, Pujangga Rahseta akan menjadi pembicara dalam creative talk yang akan membahas tentang bagaimana cara mengembangkan heritage music untuk masuk ke dalam electronic/experimental music. Tentu pembahasan ini akan jadi menarik, apalagi bagi kamu yang tertarik dengan seni musik.




    2.    Perfomance Art “Monochromatic Poem” by Chef Chitra
    Pertunjukan ini akan memberikan kamu pandangan yang berbeda mengenai hidangan makanan. Meet Chef Chitra, seorang seniman yang akan menyatukan hidangan makanan, lukisan dan musik menjadi sebuah pertunjukan seni. Menjadi seorang chef yang lulus dari sekolah kuliner di New York, Chef Chitra gemar membuat art plating dari hidangan yang ia buat. Dalam pertunjukan Monochromatic Poem, ia akan menghidangkan dessert bernuansa black & white untuk dinikmati oleh para pengunjung. Hmm... Tertarik untuk mencoba? Jangan hanya mencoba saja, kamu juga harus menikmati karya seni dari Chef Chitra, ya!

     

    Sabtu, 4 Agustus 2018

    1.    Creative Talk by ISA Art Advisory: “The New Value Of Photography”
    Fotografi telah menghasilkan karya seni yang ekspresif. Dengan hadirnya media baru, para pengoleksi lukisan tradisional kini beralih ke seni fotografi, video art dan installation art. Nyatanya fotografi memang sedang diminati oleh banyak orang. Deborah Iskandar (founder of ISA Art Advisory) dan Alexander Thian a.k.a @amrazing (Artist/Author) akan menjadi pembicara dalam creative talk ini dan membahas tentang nilai seni fotografi. 


    2.    Performance Art “Pasar Purnama” by Sasikirana DanceLAB
    Siapa yang tak suka pertunjukan tari? Tentu semua orang dapat menikmatinya! Setiap tarian memiliki makna tersendiri, seperti tarian klasik dan kontemporer yang bertema “Pasar Purnama” dari Sasikirana Dance LAB (presented by Bakti Budaya Djarum Foundation). Tarian ini membawa kita ke masa lalu yang didukung dengan alunan musik tradisional. Tujuan dari tarian ini cukup sederhana, agar kita tetap bisa melestarikan budaya secara turun-menurun. Tarian Pasar Purnama ini memiliki tagline “Tak perlu malu, menghidupkan masa lalu,” This is so touching. Ladies, tunggu apalagi? Kamu bisa menghabiskan waktu malam Minggu yang berseni, yakni menikmati pertunjukan tari.

     

    Minggu, 5 Agustus 2018

    1.    Performance Art “Natuh” by Flying Balloons
    Pertunjukan teater memang seru. Apalagi jika pemerannya dimainkan oleh boneka! Yes, Flying Balloons Puppet adalah grup teater boneka yang sudah berdiri dari tahun 2015 di Jogjakarta. Grup ini sudah memiliki beberapa fans yang gemar menikmati pertunjukan mereka. Kali ini Flying Balloons akan mempersembahkan pementasan teater dengan tema “Natuh” yang dipersembahkan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Hmm... Apa yang dimaksud dari Natuh? Well, Cosmo akan memberikan sedikit gambaran, dalam pertunjukan ini Natuh digambarkan sebagai rumah bagi tokoh Tok Bomoh, Taran dan Tala. Seperti apa ‘rumah’ yang dimaksud? Tanpa banyak bertanya, segera hadiri ART Jakarta di hari Minggu nanti, ya!

     




    2.    Art Charity Auction for Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) Supported by MOHOI
    Art and charity? Keduanya bisa terjadi di Art Jakarta! Kamu bisa melihat hasil karya seni yang akan dilelang pada hari terakhir Art Jakarta dan kamu pasti akan tergiur melihat karya seni yang ditampilkan. Produk seni yang dilelang yakni 10 karpet yang berasal dari MOHOI dan 2 kulkas dari MODENA (also presented by Bakti Budaya Djarum Foundation). Cosmo akan memberikan sedikit gambaran produk yang akan dilelang, check this out!


    Yang lebih menariknya lagi, hasil charity ini akan disumbangkan ke Yayasan Mitra Museum Jakarta. kapan lagi kamu bisa beramal plus mendapatkan produk karya seni yang unik? Jangan lewatkan acara ini di hari terakhir, ya!

     

    (Nadhifa Arundati/AP Image: Doc. Art Jakarta 2018)