Better You

Ternyata, Ini Bahayanya Mencukur Ketiak

  by: Redaksi       8/8/2018
  • Memiliki ketiak yang bebas dari bulu adalah idaman bagi para wanita. Gurl, kondisi ketiak yang mulus menjadi momen terbaik untuk memakai sexy dress saat menghadiri pesta pernikahan (attending your ex wedding party would be great). Eits! Jangan senang dulu, terlalu sering mencukur bulu ketiak yang menurut kamu sangat mengganggu itu justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Cosmo tahu kamu pasti khawatir mendengarnya, but it is not too late untuk menyimak apa saja dampak dari mencukur ketiak. Let’s see!


    Membuat ketiak rentan terluka

    Saat kamu waxing atau mencukur, kamu tak akan sadar kalau hal ini dapat menimbulkan luka yang tak kasat mata. Luka kecil terdengar bukan sesuatu hal yang big deal, tetapi kalau luka kecil ini terjadi di ketiak tentu akan berdampak sangat buruk. Lipatan ketiak mengandung kadar keringat yang lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya, sehingga luka di sekitar ketiak akan cepat terkena infeksi. Ladies, jangan pernah menyepelekan luka di ketiak kamu, karena kuman yang berasal dari keringat tak akan segan-segan untuk menyerang luka kecil itu.




    Mempermudah masuknya racun ke dalam tubuh

    Karena bulu ketiak kamu terlalu sering dikuras, maka akan membuat pori-pori ketiak semakin melebar dan mempermudah racun berbahaya masuk ke dalam tubuh kamu. Memakai deodorant dengan kondisi pori-pori yang terlalu terbuka akan menyerap zat kimia berbahaya. Menyeramkan bukan? Beauty is pain, tetapi kalau sudah membuat racun sampai masuk ke dalam tubuh, bisa jadi mencukur ketiak bukanlah hal yang sah untuk selalu dilakukan.




    Memicu penyakit berbahaya

    You have to accept this, karena terlalu sering mencukur bulu ketiak dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Seperti yang sudah Cosmo bilang, kalau terlalu sering mencukur bulu ketiak akan memicu kandungan racun masuk ke dalam tubuh. Well, racun tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan membuat kamu rentan terkena kanker kelenjar getah bening. Ladies, yang namanya ‘kanker’ ia sangat jahat dan dapat menyerang organ tubuh lainnya. Oh, God! Jangan sampai itu terjadi.


    Mencukur ketiak memang berbahaya, namun bukan berarti Cosmo menyarankan kamu untuk menumbuhkan bulu ketiak sepanjang rambut kepala kamu, gross! Mungkin saat pergi ke pesta atau konser musik adalah hal yang tepat untuk menyingkirkan si bulu ketiak? At least don’t do it very often, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, babe.


    (Nadhifa Arundati / Image: Doc. Instagram @gigihadid)