Lifestyle

10 Serial Drama Jepang Yang Harus Ditonton Tahun Ini

  by: Alexander Kusumapradja       8/8/2018
  • Jauh sebelum serial drama Korea menjadi primadona, ada masanya orang Indonesia lebih dulu mengenal serial drama dari Jepang atau yang biasa disebut dengan istilah dorama. Sekarang ini mencari judul drama Korea mungkin lebih mudah seiring dengan popularitasnya yang terus menanjak, namun drama Jepang pun banyak yang memiliki alur cerita yang tak kalah menarik dan tentu saja menampilkan aktor-aktris rupawan yang memanjakan mata. Kali ini Cosmo ingin merekomendasikan beberapa judul serial dorama Jepang yang patut kamu tonton.


    Hana Nochi Hare (Sunshine After Flowers)

    Penggemar serial Hana Yori Dango alias Boys Over Flowers yang begitu terkenal dan sudah diadaptasi ke berbagai negara (termasuk Meteor Garden!) harus menonton serial ini karena memang ini merupakan sekuel resmi ceritanya. 10 tahun telah berlalu sejak F4 lulus dari Akademi Eitoku, sekolah prestisius yang kini popularitasnya kian menurun. Penerus F4 adalah grup bernama Correct 5 yang dipimpin oleh Haruto Kaguragi (diperankan Sho Hirano), siswa paling populer di Eitoku namun menyimpan rahasia. Protagonis cerita ini adalah gadis bernama Oto Edogawa (diperankan Hana Sugisaki) yang keluarganya jatuh miskin sehingga harus berpura-pura tetap kaya agar bisa tetap sekolah di Eitoku. Bekerja paruh waktu di minimarket, tanpa sengaja ia bertemu dengan Haruto yang datang ke tempatnya bekerja dan keduanya setuju untuk saling menyimpan rahasia masing-masing. Namun, sampai kapan? 




    Erased (Bokudake ga Inai Machi)

    Diangkat dari manga drama misteri berjudul sama garapan Kei Sanbe, cerita ini sebelumnya sudah difilmkan menjadi film live action dan serial anime. Namun, dengan cerita yang begitu menarik, serial yang ditayangkan di Netflix di 190 negara ini memang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berlatar di kota Tomakomai, Hokkaido, cerita ini berpusat di seorang pemuda berumur 29 tahun bernama Satoru Fujinuma (diperankan Yuki Furukawa) yang harus mengungkap misteri pembunuhan ibunya dengan cara kembali ke masa 18 tahun yang lalu untuk mencegah pembunuhan itu terjadi. Berbagai clue yang terungkap menunjukkan bahwa akar masalah ini bermula dari serangkaian penculikan yang terjadi di masa kecilnya dan bisa jadi pelakunya adalah orang di sekitarnya. 


    Spring Has Come (Harugakita)

    Diadaptasi dari sebuah cerita pendek karya Mukoda Kuniko, serial ini menjadi salah satu dorama paling ditunggu tahun ini. Kana Kurashina berperan sebagai Kishikawa Naoko, wanita 31 tahun yang bekerja di sebuah department store. Tanpa sengaja, ia bertemu dengan seorang fotografer dari Korea Selatan bernama Lee Ji-won (diperankan oleh Kai EXO!) yang akan masuk ke dalam hidup Naoko dan menyibak rahasia yang disimpan oleh masing-masing anggota keluarganya. Serial ini menjadi serial pertama garapan stasiun televisi WOWOW yang menampilkan aktor non-Jepang sebagai pemeran utama dan lokasi syutingnya meliputi Jepang dan Jeju di Korea. 


    Princess Jellyfish (Kuragehime)

    Merupakan versi live action dari manga berjudul sama karya Akiko Higashimura, Kyoko Yoshine memerankan gadis lugu bernama Tsukimi Kurashita yang pindah dari kampung halamannya ke Tokyo demi mengejar cita-citanya sebagai ilustrator. Di Tokyo, ia tinggal di sebuah apartemen komunal di mana isinya adalah para wanita otaku. Tsukimi sendiri punya ketertarikan khusus pada ubur-ubur karena memori masa kecilnya dengan mendiang ibunya. Suatu hari, ketertarikannya pada ubur-ubur mempertemukannya dengan seorang pria bernama Kuranosuke Koibuchi (diperankan Koji Seto) yang gemar memakai pakaian wanita. Tanpa Tsukimi tahu, pertemuan itu akan mengubah hidup mereka dan orang-orang di sekitar mereka berdua. 


    Momikeshite Fuyu (The Kitazawas: We Mind Our Own Business)

    Disutradarai oleh Satoru Nakajima, serial ini berkisah tentang sebuah keluarga yang terbilang unik. Seorang kepala sekolah bernama Taizo Kitazawa (Baijaku Nakamura) memiliki tiga orang anak. Anak pertama adalah seorang dokter jantung 38 tahun bernama Hirofumi (Yukiyoshi Ozawa), anak kedua adalah pengacara 27 tahun bernama Chiaki (Haru), dan anak ketiga adalah Shusaku (Ryosuke Yamada), seorang petugas polisi berumur 25 tahun yang ambisius dan sangat bangga pada profesinya. Ketiganya harus bekerjasama dalam memecahkan masalah yang menimpa keluarga mereka, meskipun hal itu berarti melanggar etika profesi mereka. 


    Gakepucchi Hotel (Hotel on the Brink)

    Hotel dengan semua penghuninya kerap menjadi latar yang menarik bagi sebuah cerita, tak terkecuali dalam serial yang ditayangkan NTV ini. Sebuah hotel mewah yang sudah berdiri puluhan tahun terancam bangkrut dengan hutang sebesar 300 juta Yen. Para stafnya, terutama Sana Sakurai (Erika Todai) yang merupakan general manager berusia 29 tahun di hotel tersebut berusaha menyelamatkan hotel tersebut meskipun hal itu terasa mustahil. Di saat semua staf merasa harus menyerah, seorang tamu bernama Naoya Ukai (Takanori Iwata) datang dan membawa keajaiban. 


    Anone

    Seorang gadis muda bernama Harika Tsujisawa (Suzu Hirose) setelah kehilangan keluarganya, juga kehilangan arah dan tujuan dalam hidup. Takdir mempertemukannya dengan seorang wanita tua bernama Anone Hayashida (Yuko Tanaka). Keduanya sama-sama kehilangan kepercayaan pada manusia lain di sekitar mereka, namun entah kenapa keduanya tertarik satu sama lain dan kemudian saling melindungi. Berhadapan dengan berbagai kejadian, keduanya berusaha menemukan kembali arti hidup masing-masing. Diperankan oleh deretan aktris dan aktor yang sudah terkenal kehebatan aktingnya, serial ini menjadi salah satu serial dorama Jepang paling diakui saat ini.  




    Todome no Kiss (Kiss That Kills)

    Aktor tampan Kento Yamazaki berperan sebagai Otaro Dojima, seorang pria yang berprofesi sebagai male host dengan nama alias Eight. Karena trauma masa lalu, ia percaya cinta hanya akan membuat orang menderita dan kini hanya tertarik pada uang sampai ketika seorang wanita misterius (Mugi Kadowaki) hadir di hadapannya. Sang wanita misterius dengan lipstick merahnya mencium Otaro dan ia pun meninggal. Namun, ketika membuka mata, ia sadar ia berada di tujuh hari sebelum kejadian tersebut terjadi dan bagaimanapun caranya ia harus menerka misteri dari semua keganjilan yang menimpanya. 


    Hanbun, Aoi (Half, Blue)

    Seorang anak perempuan bernama Suzume Nireno dan seorang anak lelaki bernama Ritsu Hagio lahir di hari yang sama di tahun 1971 di sebuah kota kecil di wilayah Gifu. Mereka tumbuh menjadi sahabat dengan Suzume yang periang selalu menyemangati Ritsu yang pemalu dan begitu juga Ritsu yang kerap menjaga Suzume yang kehilangan sebelah pendengarannya karena suatu penyakit. Keduanya terus berteman di masa SMA walaupun masing-masing jatuh cinta dengan orang lain. Namun, seperti yang mungkin bisa kamu duga, hubungan keduanya akan semakin rumit dan berlanjut sampai mereka dewasa. Mulai tayang bulan April 2018, serial ini baru akan tamat bulan September nanti karena ceritanya yang memang panjang dari masa anak-anak hingga dewasa. Namun, kalau kamu menonton episode pertamanya, kamu pasti akan penasaran dan setia menontonnya sampai tamat. 


    Saigo no Bangohan (Last Dinner)

    Mengangkat cerita bertema kuliner dengan twist supranatural, serial yang diadaptasi dari manga karya Fushino Michiru ini bercerita tentang seorang aktor muda yang sedang naik daun bernama Igarashi Kairi (Nakamura Yuichi) yang suatu hari terserang skandal dan harus cuti dari dunia entertainment. Ia kembali ke kampung halamannya di Ashiya di mana ia diselamatkan oleh Natsugami Ryuji (Sugiura Taiyo), pemilik dari restoran bernama Banmeshiya. Meninggalkan karier aktingnya, ia mulai bekerja di restoran tersebut namun perlahan ia menyadari bahwa semua pengunjung restoran tersebut adalah hantu yang ingin memesan makanan terakhir sebelum meninggalkan dunia dengan tenang. 


    Baca Juga:

    10 Aktor Jepang Paling Boyfriend Material. Ada Idolamu?

    Suka Drama US Ini? Serial Korea Ini Bisa Kamu Tonton!

    Ini Dia Drama Korea yang Wajib Anda Tonton di 2018


    (Image: dok. DramaFever.com)