Lifestyle

Suka Drama US Ini? Serial Korea Ini Bisa Kamu Tonton!

  by: Alvin Yoga       10/8/2018
  • Jika kamu gemar menonton serial televisi Amerika, berarti kamu tahu bagaimana rasanya menunggu kelanjutan cerita setelah episode terakhir serial favoritmu muncul di televisi. Enam bulan atau setahun rasanya akan seperti seabad, terutama jika kamu terus menerus penasaran mengenai apa yang akan terjadi di musim berikutnya.

    Di sisi lain, serial drama Korea kebanyakan hanya berakhir dalam satu musim, dengan total episode 16 sampai 20 saja. Dengan kata lain, kamu tak perlu menunggu sampai berbulan-bulan hanya untuk mencari tahu kelanjutan kisahnya. Belum pernah menonton serial drama Korea? Tenang saja, Cosmo sudah menyiapkan beberapa serial yang mungkin cocok untuk kamu, sesuai dengan serial televisi Amerika yang kamu suka. Check it out!




    Kalau kamu suka: Grey's Anatomy


    Serial drama medis ini sudah muncul sejak tahun 2005 (dan masih belum ada tanda-tanda bahwa serial ini akan berakhir)! Selama 14 musim, kamu telah menyaksikan berbagai drama, mulai dari masalah relationship, problem di tempat kerja, hingga persoalan pasien yang menyentuh hati. Jika kamu sudah mengikuti serial ini dari awal, kamu pasti penasaran mengenai apa yang akhirnya akan terjadi dengan Meredith Grey.


    Coba: Emergency Couple, Doctor Stranger

    Serial-serial berikut adalah beberapa drama Korea yang cukup terkenal, dan bisa kamu tonton sambil menunggu musim ke-15 dari Grey's Anatomy.


    Emergency Couple bercerita mengenai dua orang asisten magang yang kembali bertemu di sebuah rumah sakit setelah bertahun-tahun bercerai. Keduanya berusaha untuk mengatasi masalah pribadi mereka di tengah-tengah keriuhan rumah sakit.

    Di sisi lain, Doctor Stranger memiliki beberapa skenario life-threatening yang menegangkan, plus adegan-adegan operasi yang pastinya akan membuat kamu deg-degan.


    Kalau kamu suka: How To Get Away With Murder


    Setujukah kamu jika Cosmo berkata bahwa karakter-karakter perempuan di serial ini memang badass? Dengan plot twist-nya yang menegangkan di tiap episode, kamu pasti penasaran dengan kelanjutan kisahnya.


    Coba: While You Were Sleeping, Suspicious Partner

    Drama-drama berikut juga berorientasi pada sistem hukum. Selain itu, pemain utamanya pun sangat fearless, ditambah pemeran prianya yang badass (baca: keren dan tampan). Berbeda dengan HTGWM yang mengambil sudut pandang dari sang pengacara, kedua serial ini juga menunjukkan sudut pandang lain dari para tersangka dan jaksa penuntut.

    Suspicious Partner cocok untuk kamu yang ingin menonton pasangan yang cute yet courageous.


    Sedangkan While You Were Sleeping lebih banyak menunjukkan sisi fantasi yang thrilling. Seru!


    Kalau kamu suka: How I Met Your Mother


    Cosmo mengerti jika kamu kesal dengan ending-nya yang menyebalkan, yes we feel it too. What's wrong with a happy ending? Ditambah, serial ini juga sudah menemanimu selama sembilan tahun belakangan, wajar jika kamu merasa kesal dengan akhirnya yang "ugh, please don't".


    Coba: Fight for My Way, Because This Is My First Life

    Berbeda dengan HIMYM, serial-serial drama Korea ini sukses menutup kisahnya dengan manis dan happy ending. Eits, tak cuma itu, berbeda dengan serial drama Korea lainnya yang romantis dan penuh fantasi, kedua drama ini justru sangat related dengan kehidupan kota dan permasalahan relationship yang kamu hadapi.



    Fight for My Way menceritakan kisah empat orang milenial yang sudah bersahabat sejak masih di bangku sekolah. Keempatnya bukan murid yang cemerlang dan pintar, sehingga tak aneh jika mereka tumbuh menjadi individu yang sulit mencari pekerjaan ketika dewasa.


    Di sisi lain, Because This Is My First Life cocok untuk kamu yang baru saja mendapatkan kekasih baru, atau sedang menghadapi persoalan sehubungan dengan pernikahan.



    Kalau kamu suka: Friends


    IMHO, sulit menemukan serial lain yang bisa ditandingkan dengan Friends. Ceritanya yang kreatif, karakternya yang quirky, serta punch lines-nya yang mengundang tawa, semuanya merupakan kombinasi yang luar biasa. Bahkan setelah menonton keseluruhan serial ini sampai berulang kali, Cosmo masih terbahak-bahak ketika menonton beberapa adegan yang mengocok perut.

     

    Coba: Welcome to Waikiki, The Sound of Your Heart


    Hey, tak semua serial drama Korea bergenre rom-com dan melodrama, lho! Jika kamu ingin menonton serial yang mengocok perut, kedua serial ini bisa kamu coba. Opsi lain, kamu juga bisa menonton variety show seperti Running Man, Busted atau Knowing Brother yang juga mengundang tawa.


    Kalau kamu suka: Game of Thrones


    Konflik keluarga, twisted relationships, masalah politik yang tak kunjung usai, serta penggalian karakter yang luar biasa - semua faktor tersebut berhasil membuat kisah Westeros menjadi begitu menegangkan dan lovable. Perlu diakui, Game of Thrones memang telah menjadi salah satu serial paling viral dan paling favorit dari HBO, dan semua orang yang menontonnya pasti penasaran dengan akhir dari serial ini. OH, WHY IS 2019 SO FAR AWAY?!!


    Coba: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Hwarang: The Poet Warrior Youth



    Sama seperti serial drama GoT yang penuh dengan kematian karakter-karakter protagonisnya (hey, this is hardly a spoiler), kematian juga menjadi bagian "terbaik" dan terburuk dari serial Scarlet Heart. Namun, dibandingkan dengan GoT yang banyak menampilkan darah di sana-sini, serial drama ini tentu jauh lebih "lembut". Tapi tenang saja, permainan kekuasaan, kisah cinta yang rumit, serta aksi peperangan yang menegangkan juga ada di sini.


    Tentu saja, ada banyak serial drama Korea populer lainnya yang tak boleh kamu lewatkan (semisal Goblin dan Descendants of the Sun, keduanya tak ada dalam daftar ini karena mereka berada di level yang berbeda). Selain itu, ada juga beberapa serial remake yang kini diproduksi oleh televisi Korea, seperti Suits, Entourage, dan Criminal Minds.

    Fair warning for you: sama seperti lumpur hisap, akan sulit sekali melepas drama Korea begitu kamu sudah menontonnya. Apalagi jika kamu jatuh cinta pada salah satu oppa (percayalah, Cosmo sudah menjadi korbannya). In this case, annyeonghaseyo and welcome to our world!


    (Artikel disadur dari: cosmo.ph. Alih bahasa: Alvin Yoga. Image: Dok. outnow.ch, tv.jtbc.joins.com, abc.go.com, sbs.co.kr, program.tving.com, Perubahan telah dilakukan oleh editor)