Career

6 Kebiasaan Pagi Hari Untuk Fokus Sepanjang Hari

  by: Alexander Kusumapradja       9/8/2018
  • Kita semua tahu bahwa menjaga diri tetap fokus saat bekerja adalah hal yang sulit. Distraksi bisa datang dari mana saja, baik dari lingkungan sekitar atau justru dari diri kita sendiri. Adalah hal manusiawi untuk kehilangan fokus setelah bekerja keras dalam jangka waktu tertentu, karena itu disarankan kita istirahat sejenak setiap beberapa saat. Namun, bila kamu merasa sangat mudah terdistraksi saat bekerja, mungkin kamu butuh kegiatan baru untuk mengawali harimu. Mau coba? 


    1. Mandi air dingin

    Secangkir kopi hangat di pagi hari memang bisa membuatmu terjaga namun efek sampingnya juga bisa membuatmu mudah gelisah. Yang lebih ampuh membuatmu terjaga di pagi hari adalah mandi dengan air dingin yang seketika membangunkan semua indramu. 



    2. Jalan kaki

    Olahraga di pagi hari selain membuat tubuh terasa segar juga membantu kamu tetap fokus. Tak perlu yang berat-berat, sekadar jalan kaki pun sudah cukup. Selain sehat, jalan kaki di pagi hari juga dapat memberimu waktu untuk berpikir dan menemukan ide-ide segar. Sisihkan waktu sejenak untuk berjalan kaki di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik dan udara masih sejuk. Sambil berjalan, kamu bisa memikirkan hal-hal yang harus kamu kerjakan hari itu secara santai dan teratur sehingga saat tiba di kantor kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan. 

    3. Mencari kebiasaan rutin

    Bagi beberapa orang, fokus ke suatu hal (selain pekerjaan) yang bisa mereka lakukan kapan saja di jam kerja dapat membantu mereka lebih berkonsentrasi sepanjang hari. Beberapa orang punya ritual khusus untuk memulai pagi hari. Ada yang suka membuat kopi sendiri, ada yang melakukan yoga ringan, dan kebiasaan lainnya yang bisa disesuaikan dengan minat Anda. 

    4. Menentukan satu hal untuk diselesaikan di awal

    Banyak pakar produktivitas kerja yang merekomendasikan untuk menyelesaikan satu hal yang mudah terlebih dahulu di pagi hari, semisal membuka inbox dan membalas semua email. Tapi kalau kamu termasuk tipe orang yang bosan dengan rutinitas yang sama setiap pagi, kamu bisa mencoba memilih prioritas yang berbeda setiap harinya untuk diselesaikan di pagi hari. kamu bisa memulainya dari yang paling mudah atau justru dari tugas yang sudah kamu tunda paling lama. 



    5. Tulis semua keluh kesah dan bebanmu

    Mungkin kamu pernah terbangun dengan rasa cemas yang tak mampu diatasi dengan olahraga atau meditasi. Mungkin, itu saatnya kamu mengambil buku tulis dan menuliskan semua kegelisahanmu ke dalam tulisan tanpa harus menahan diri sendiri. Sebuah riset yang meminta para mahasiswa menulis semua kegelisahan mereka sebelum ujian terbukti mampu mendapat nilai yang lebih bagus. Berdasarkan riset tersebut, menulis ternyata membantu para mahasiswa melepaskan ketakutan mereka dan membuat pikiran mereka lebih enteng untuk menjawab soal ujian. Selain melepaskan beban pikiran, menulis kegelisahan juga dapat membantu kita menelusuri akar masalah yang sedang bergelayut di benak kita karena dengan menulis, kita “dipaksa” bercerita secara runut dan jelas dari awal sampai akhir yang tentu lebih manjur dibanding hanya memikirkannya dalam kepala secara acak.

    6. Merapikan meja kerja

    Semakin berantakan meja kerja, kamu akan semakin sulit fokus bekerja. Jika kamu dikelilingi oleh berbagai bacaan di meja kerja, kamu akan mudah tergoda untuk membacanya dan menunda pekerjaan. Sepulang kerja, sebelum mematikan komputer dan bersiap pulang, coba sisihkan waktu antara 5 sampai 10 menit untuk membereskan hal-hal yang berserakan di sekitar meja kerja yang dapat mendistraksimu. Simpan mereka di tempat yang lebih teratur atau tersembunyi seperti di laci meja atau file holder


    (Image: Ivan Kruk©123RF.com)