Beauty

Kisah Sukses Label Kosmetik Lokal, Rollover Reaction

  by: Astriana Gemiati       12/8/2018
  • Cosmo bangga dengan generasi muda zaman sekarang. Tak hanya kreatif, generasi muda saat ini mampu menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang sangat inspiratif. Salah satunya di industri kecantikan!

    Banyaknya label kecantikan lokal yang bermunculan, tak menyurutkan (khususnya generasi milenial) untuk bersaing dan siap memperkenalkan produk yang mereka ciptakan, bahkan kualitasnya pun cukup menjanjikan.

    Cosmo beberapa waktu lalu berkesempatan bertemu langsung dengan Tinanda Nabila atau akrab yang disapa Naya, merupakan salah satu dari empat pendiri dari Rollover Reaction. Udah pada tahu dong?




    Yuuk, simak wawancara Cosmo bersama Tinanda Nabila dari Rollover Reaction.


    Cosmo: Ceritakan bagaimana awal kamu tertarik ingin terjun ke bisnis industri kecantikan?

    Naya: Saat itu saya masih fresh graduate. Dimulai dari tahun 2014, saya dan tiga sahabat saya (yang terdiri dari Dinar Amanda, Sarah Novia, dan Novianti Haryanto) selalu menemukan masalah yang sama, yaitu perihal kecantikan dan kosmetik. Dimana kita selalu kesulitan ingin mendapatkan label kosmetik lokal yang bagus dan lelah menggunakan jasa titip (jastip) ketika salah satu teman kami sedang berada di luar negeri. Hal ini membuat kami tergerak untuk membuat sesuatu yang kami senangi pula, yaitu produk kosmetik.


    Cosmo: Bagaimana proses akhirnya Rollover Reaction resmi berdiri?

    Naya: Kami melakukan riset dan proses development dahulu pada saat aktivitas kami sedang “off” sambil menunggu jadwal sidang kelulusan kuliah. Hal menarik kami temukan pada saat mencari info mengenai pembuatan produk kosmetik adalah banyaknya label produk kosmetik luar yang membuat kemasannya di negeri kita sendiri, Indonesia. Menemukan celah, walau awalnya kami menerima banyak penolakan dari beberapa vendor dikarenakan usia kami masih dianggap terlalu muda untuk memulai bisnis, tak mematahkan kami untuk tetap berusaha semaksimal mungkin. Dan akhirnya, membutuhkan waktu sekitar dua tahun lamanya, pada tahun 2016 Rollover Reaction resmi dirilis!


    Cosmo: Apa arti dibalik kata Rollover Reaction?

    Naya: Rollover Reaction memiliki makna yaitu reaksi yang berulang-ulang. Dimana kami mengharapkan para konsumen pengguna produk kami akan merasakan reaksi ingin melakukannya lagi a.k.a ketagihan. Hahahaa... (Naya sambil tertawa)


    Cosmo: Apa produk Rollover Reaction yang pertama kali dirilis?

    Naya: Lip and Cheek Cream. Kenapa? Dari tahun 2014 kita ada proses development, dimana kita melakukan riset siapa target market kita, jenis produk atau warna apa yang sedang digemari, dan lain sebagainya. “Ooh.. ternyata para wanita membutuhkan lipstik dan blush on ya... kenapa tidak kita gabungkan saja menjadi produk yang multifungsi. Simpel dan praktis kan!”



    Cosmo: Definisi wanita cantik menurut kamu?



    Naya: Selain cantik dia juga harus berani, dalam arti percaya diri apa yang dia lakukan, ekspresif, kreatif, dan berkarakter.


    Cosmo: Apa yang masih ingin Rollover Reaction gapai saat ini?

    Naya: Tentu saja banyak sekali! Setelah sukses melalui e-commerce dan membuat beauty store pertama kami di Plaza Indonesia, satu hingga dua tahun ke depan tentu saja kita ingin menambah market dan membuat sesuatu yang berbeda, baru, dan fresh.



    Cosmo: Yang mana koleksi seri paling favorit milik Rollover Reaction?

    Naya: Lip & Cheek Cream (best seller kami!) dan Face Wipes



    Cosmo: Terakhir, bagaimana tips untuk membangun sebuah bisnis?

    Naya: Observasi. Perhatikan dan coba lebih peka dengan apa yang terjadi di sekitar kamu. Courage. Berani untuk melakukan perubahan pada kondisi tersebut. Create. Membuat solusi perubahan dengan menghadirkan produk atau jasa yang unik. Discipline. Persisten menjalankan bisnis, fokus, dan serius. Serta, Risk Taking. Selalu siap dengan segala kemungkinan.


    ( Image: Photographer: Insan Obi, Dok. Instagram, Ilustrasi: Poppy Yunita )